We Are Creative Design Agency

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Illum, fuga, consectetur sequi consequuntur nisi placeat ullam maiores perferendis. Quod, nihil reiciendis saepe optio libero minus et beatae ipsam reprehenderit sequi.

Find Out More Purchase Theme

Our Services

Lovely Design

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent feugiat tellus eget libero pretium, sollicitudin feugiat libero.

Read More

Great Concept

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent feugiat tellus eget libero pretium, sollicitudin feugiat libero.

Read More

Development

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent feugiat tellus eget libero pretium, sollicitudin feugiat libero.

Read More

User Friendly

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent feugiat tellus eget libero pretium, sollicitudin feugiat libero.

Read More

Recent Work

Friday, March 20, 2020

PERBEDAAN ANTARA LA NAFIYAH DAN NAHIYAH


Thursday, March 19, 2020

METODOLOGI STUDI ISLAM (Orientasi Umum, Signifikansi, Objek dan Perkembangannya)


Mata kuliah Metodologi Studi Islam (MSI) atau dengan nama lain, "Pendidikan Keislaman" adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program Peningkatan Kualifikasi Akademik S.1 bagi guru MI dan PAI pada sekolah di lingkungan Departemen Agama RI. Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi bekal kepada mahasiswa sebgai pengantar studi agar memiliki pemahaman terhadap Islam secara komprehensif dari berbagai aspeknya, mengetahui berbagai metode dan pendekatan dalam mempelajari Islam.
Tujuan mempelajari mata kuliah ini agar mahasiswa memiliki pemahaman terhadap Islam secara komprehensif dalam berbagai aspeknya, mengetahui berbagai metode dan pendekatan dalam mempelajari Islam. Mata kuliah ini difokuskan pada upaya mempelajari Islam secara efektif dan efisien sehingga mahasiswa dalam waktu yang relatif singkat memperoleh pengetahuan yang komprehensif tentang Islam. Untuk dapat mengetahui Islam secara komprehensif, Islam diidentifikasi terlebih dahulu menjadi tiga kategori: yaitu, (1) Islam sebagai sumber ajaran berupa Qur’an dan sunnah, (2) Islam sebagai hasil pemahaman terhadap sumber ajaran Islam, yang sudah mengambil bentuk disiplin ilmu keislaman seperti akidah, fikih, akhlak tasawuf dan filsafat, (3) Islam sebagai produk pengamalan.
Selanjutnya pembahasan dilanjutkan pada metode mempelajari Islam dari tiga kategori tersebut di atas. Metodologi Studi Islam berhubungan erat dengan mata kuliah yang lain, seperti mata kuliah Ulumul Quran, Tafsir, Ulumul Hadits, Hadits, Tauhid, Fikih, Akhlak-Tasawuf, Filsafat Islam dan Pembaharuan Pemikiran Islam. Namun demikian MSI pembahasannya berbeda dengan pembahasan.mata kuliah tersebut di atas. MSI diarahkan pada upaya mempelajari Islam. Tegasnya, metode dan pendekatan mempelajari Qur’an, Sunnah, Fikih, Tauhid, Akhlak-Tasawuf, Filsafat Islam, dan pengamalan Islam, bukan mempelajari isinya.

Wednesday, March 18, 2020

BAHASA ARAB UNTUK PARA PEMULA


Tuesday, March 17, 2020

QAWAID AL-IMLA WA AL-KHAT Kaidah-kaidah Menulis Huruf dan Kata Arab dan Seni Kaligrafi


RPS AL-KHAT WA QAWAID AL-IMLA'


Mata Kuliah ini, merupakan matakuliah Teori dan Praktek yang membahas tentang Kaidah-kaidah Penulisan Arab, yang terdiri dari 1) Kaidah Penulisan Imlai/Qiyasi, 2) Kaidah Penulisan Rasm Usmani, 3) Teknik dan Jenis Kaligrafi/Khat, sehingga setelah selesai mengikuti perkuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan menulis bahasa Arab dengan, baik, benar dan indah.


AL-KHAT WA QAWAID AL-IMLA'

GENEALOGI ORTOGRAFI ARAB

Abstrak

Penelusuran turunan bahasa Arab dari hulu sampai hilir sangat berkaitan dengan historisasi bangsa-bangsa yang pernah eksis di masa lampau, sehingga melahirkan penciri aksara dan karakteristik huruf dan model tulisannya. Penelitian ini berupaya mengungkap secara historis ortografi Arab dilihat dari aspek teori asal-usulnya, rumpun bahasanya dan bukti rekaman inskripsi yang telah ditemukan oleh para sejarawan dan arkeologi. Ortografi Arab dari hulunya berasal dari ortografi mesir kuno dalam bentuk Hieroglif, berbentuk ukiran, yang sebelumnya masih berbentuk Pictography  (tulisan paku) dari bangsa Babilonia dan Sumeria (3000 SM) yang merupakan umat Nabi Nuh a.s. Dari nabi Nuh inilah maka para ahlipun memberikan pendapat bahwa rumpun bahasa Arab berasal bangsa Semit, yang dinisbatkan kepada anaknya (Sam bin Nuh). Ortografi Arab kemudian berkembang melahirkan ortografi Feniqi, selanjutnya terpecah dan melahirkan dua jenis ortografi: Ara>mi> dan Musnad, yang pada akhirnya menghasilkan jenis ortografi Nabt}i> bercorak Ku>fi. Ortografi Nabt}i> yang berpusat kota Petra-Yordania, kemudian berpindah dan menyebar lagi sampai hilir tanah Hija>z melalui Daumah al-Jandal. Bukti-bukti keberadaan ortografi Arab tersebut dapat diketahui dari temuan Inskripsi yang diyakini bahwa antara ortografi Nabt}i> kufi memiliki beberapa kesamaan dengan ortografi Arab, dilihat dari penciri tanda vokal dan konsonannya. Inskripsi tersebut adalah 1) Inskripsi Ummu Jima>l (250 SM) 2) Inskripsi Nammarah/Imru al-Qais (300-328 M), 3) Inskripsi Zabad (512 M) 4) Inskripsi Harran/Hurron (568 M) 5) Inskripsi Umm Jimal II (600 M).

Pertanyaan : 

1. Jelaskan Genealogi Ortografi (Aksara) Arab dalam tinjauan Nazariyat (Teori Asal-Usul Bahasa)
2. Jelaskan Genealogi Ortografi Arab ditinjau rumpun Bahasa

3. Bagaimana bentuk Ortografi (Aksara) Arab dulu 
4. Apa yang membedakan antara Ortografi (Aksara) Arab dengan ortografi selain Arab
5. Apa yang membedakan Ortografi (Aksara) Arab dengan Tulisan Arab Modern (terkini) 
6. Sebutkan jenis-jenis Inskripsi Arab 
7. Ada Tiga Jenis Ortografi Arab ditinjaun dari Urutannya
8. Siapa sajakah ulama yang berkonstribusi dalam penyempurnaan Ortografi Arab
9. Apa yang membedakan antara Ortografi Arab Masriq dan Magrib
10. Sebutkan Kota-kota yang menjadi Pusat peradaban Ortografi Arab.


GENEALOGI ORTOGRAFI ARAB - IBNU RAWANDHY

Monday, March 16, 2020

ALUMNI KI/MPI 2010 (Gorut)

Video Memorial ini, sebagai  tanda peringatan dan persahabatan, bahwa kita pernah bersama dalam kebaikan, kebaikan dalam ilmu dan meraih gelar sarjana. Bagi teman-teman alumni yang telah mendahului, saya haturkan doa (Allahummagfirlahum, Warhamhum, Wa 'Afihim Wa'fu 'Anhum",  bagi alumni yang lain yang masih diberikan umur panjang, semoga selalu dianugerahi kesehatan, dimudahkan rezekinya, dikabulkan cita-cita dan doanya....semoga kita bisa ketemu di lain waktu, namun jika tidak, semoga Allah masih mempertemukan kita di akhirat kelak.....

Amin (Pengelola Mahasiswa Gorut) 
Angkatan 2010 

REFERENSI UTAMA TAFSIR TARBAWI (Pendekatan Bahasa dan Sastra)

Salah satu referensi Utama dalam menafsirkan Ayat-ayat Pendidikan dengan pendekatan Bahasa dan Sastra Adalah kitab Shafwah Tafasir

LANGKA-LANGKAH MEMBUAT ARTIKEL TAFSIR TARBAWI

Perkembangan tafsir sendiri melahirkan beberapa metode penafsiran yang masyhur digunakan oleh para mufassir (ahli tafsir). Diantara metode penafsiran tersebut adalah metode ijmali (global), tahlili (analisis), dan hermeneutik. Selain itu, masih ada lagi metode penafsiran yang masih bisa dibilang baru dibandingkan metode penafsiran yang lainnya yaitu metode tafsir maudhui (tematik). Hal yang sangat menarik dari metode ini diantaranya adalah dalam menafsirkan ayat Al Qur’an tidak berurutan seperti susunan dalam mushaf, akan tetapi lebih cenderung kepada urutan dari masa turunnya ayat.

Pengertian Tafsir Maudhu’i

Sebagaimana nama dari metode penafsiran ini, metode maudhu’i (tematik) adalah suatu cara dalam menafsirkan Al Qur’an dengan menentukan suatu tema yang akan dibahas lalu menghimpun ayat-ayat yang terkait dengan tema tersebut. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, metode tematik ini tidak menganalisis ayat demi ayat sesuai urutan mushaf sebagaimana metode penafsiran pada umumnya, akan tetapi lebih kepada membahas satu tema tertentu secara tuntas dengan ayat-ayat yang berkaitan dan sangat dimungkinkan ayat-ayat tersebut tersebar secara acak dalam beberapa surat. Harapannya dengan metode ini, Al Qur’an mampu menjawab permasalahan tertentu secara tuntas dan memiliki pemahaman yang utuh.

Langkah-langkah dalam Tafsir Tematik

Dalam penerapan metode ini, ada langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang mufassir sebagaimana yang disampaikan oleh al Farmawi, yaitu:
1.   Menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan judul tersebut sesuai dengan kronologi urutan turunnya ayat. Hal ini diperlukan untuk mengetahui kemungkinan adanya ayat yang mansukhah, dan sebagainya
2.    Menelusuri latar belakang turunnya (asbabun nuzul) ayat-ayat yang telah dihimpun tersebut jika memang ayat-ayat tersebut memiliki asbabun nuzul
3.      Meneliti dengan cernat semua kata atau kalimat yang dipakai dalam ayat tersebut, terutama kosakata yang menjadi pokmok permasalahan di dalam ayat tersebut. Kemdian mengkajinya dari semua aspek yang berkaitan dengannya, seperti lingusitik, budaya, sejarah, munasabah, dan sebagainya
4.      Mengkaji pemahaman ayat-ayat itu dari pemahaman berbagai aaliran dan pendapat para mufassir salaf dan khalaf
5.      Semua itu dikaji secra tuntas dan saksama dengan menggunakan penalaran yang objektif melalui kaidah-kaidah tafsir yang mu’tabar, serta didukung oleh fakta (jika ada), hadits, ataupun fakta sejarah yang dapat ditemukan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir pemikiran mufasssir yang subjektif dalam menafsirkan al Qur’an serta juga ubtuk memperkuat hasil penafsiran yang dilakukan.

Sunday, March 15, 2020

MEMBUAT VIDEO DENGAN POWER POINT

Cara membuat video powerpoint berikut dapat menjadi terobosan bagi teman-teman yang ingin menyampaikan presentasi tapi tidak bisa hadir. Bahkan berguna bagi siapapun yang ingin menjadi youtuber, Karena video powerpoint ini bisa dijadikan konten video di youtube.
Cara membuat video powerpoint cukup mudah, yang diperlukan adalah software microsoft powerpoint, materi presentasi yang akan digunakan sebagai slide show, dan kesiapan mental teman-teman untuk berbicara menjelaskan isi slide show.
Berikut saya coba untuk menjelaskan secara detail bagaimana cara membuat video powerpoint yang mudah

Our Blog

55 Cups
Average weekly coffee drank
9000 Lines
Average weekly lines of code
400 Customers
Average yearly happy clients

Our Team

Tim Malkovic
CEO
David Bell
Creative Designer
Eve Stinger
Sales Manager
Will Peters
Developer

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Berisi Tulisan dan Artikel yang berkaitan dengan Bahasa Arab, Sastra Arab, Pendidikan, Tafsir, Rasm, Qiraat, Budaya, Tradisi Islam Lokal

Powered by Blogger.

Wikipedia

Search results

Total Pageviews

Blog Archive

Search This Blog

BAHASA ARAB untuk Para Pemula

BAHASA ARAB untuk Para Pemula
Dr. Ibnu Rawandhy N. Hula, M.A dan Dr. Damhuri, M.Ag

BUKU

BUKU
Qawaid al-Imla' wa al-Khat

My Web List

Translate

Recent Posts

3/recent/post-list

Jam