Thursday, March 12, 2020

1 komentar:

Nikma Abdjul said...

Nama :Nikma S. Abdjul
Kelas:PBA 2A
Nim :191032027

Tafsir tarbawi merupakan ijtihad akademisi tafsir,berupaya mendekati Al-Qur'an melalui sudut pandang pendidikan,baik dari segi teoritik maupun praktek.Kata Tafsir dalam bentuk masdar dari kata فسر (fassara)yang secara etimologis berarti (والاظهار الكشف mengungkapkan dan menampakkan).kata Tafsir juga berarti menerangkan sesuatu yang masih samar serta menyingkap sesuatu yang tertutup.Dalam kaitannya dengan kata,tafsir berarti menjelaskan makna kata yang sulit dipahami sehingga kata tersebut dapat dipahami maknanya.
Dengan demikian,secara etimologis kata tafsir adalah digunakan untuk menunjukkan maksud(menjelaskan,mengungkapkan,dan menerangkan)suatu masalah yang masih kabur,samar dan belum jelas.
Berdasarkan pengertian etimologis tersebut dapat dipahami bahwa suatu kata tidak dapat dikatakan telah mengalami proses penafsiran jika tidak terdiri dari kata yang masih samar dan belum jelas maknanya.Jika ada orang yang mendengar suatu ucapan yang memiliki makna zhahir yang secara spontan dapat dipahami kemudian dapat mengetahui makna dari ucapan tersebut.
Istilah tafsir telah lazim digunakan untuk memahami Al-Qur'an dengan berbagai corak dan jenisnya.Namun setelah sekian lama ilmu dan metode tersebut digunakan dan telah menghasilkan karya ternyata masih terfokus pada corak dan ragam tertentu,seperti bahasa,hukum,tasawuf dan lain-lain.Dalam dunia pendidikan Islam,tafsir tidak pernah luput dari pengajarannya.Namun ada pertanyaan yang mendasar mengapa dalam pendidikan Islam yang mengajarkan tafsir tidak ada yang membahas tentang tafsir Al-Qur'an hanya berbasis pada kontruks teori pendidikan.dari pertanyaan ini muncul tawaran pendekatan dalam memahami Al-Qur'an dengan menggunakan pendekatan pendidikan yang di ijtihadkan dengan nama tafsir tarbawi.

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Berisi Tulisan dan Artikel yang berkaitan dengan Bahasa Arab, Sastra Arab, Pendidikan, Tafsir, Rasm, Qiraat, Budaya, Tradisi Islam Lokal

Powered by Blogger.

Wikipedia

Search results

Total Pageviews

Blog Archive

Search This Blog

BAHASA ARAB untuk Para Pemula

BAHASA ARAB untuk Para Pemula
Dr. Ibnu Rawandhy N. Hula, M.A dan Dr. Damhuri, M.Ag

BUKU

BUKU
Qawaid al-Imla' wa al-Khat

My Web List

Translate

Recent Posts

3/recent/post-list

Jam