Thursday, March 12, 2020

MODEL SEKOLAH DESA PARTISIPATIF: “Studi Pengembangan Sekolah Alternatif di Kabupaten Gorontalo”

Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana model pengembangan sekolah desa partisipatif dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa di Kabupaten Gorontalo, sedangkan tujuan untuk pengembangan model pendidikan alternatif yang partisipatif ini adalah sebagai berikut: a) Memberikan konsep pengembangan sekolah alternative, yang dirancang melalui sebuah model partisipatif, sehingga semua elemen masyarakat berperan aktif secara lebih terbuka dalam mewujudkan aksesibilitas layanan pendidikan di desa, b) Memberikan penguatan pada peran desa dalam memberikan akses pendidikan kepada masyarakat melalui anggaran dana desa yang tersedia untuk itu, c) Mencari solusi terhadap permasalah pendidikan anak usia dini berbasis kawasan desa, melalui pemanfaatan potensi-potensi desa, baik dari aspek Sumber daya Manusianya maupun Sumber Daya Alamnya.

               Adapun Langkah-langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangan yang dilakukan untuk menghasilkan model sekolah desa partisipatif dan menguji keefektifan sekolah desa partisipatif bagi aparatur desa dan masyarakat pada umumnya dimaksud menggunakan reduksi tahapan yang dikembangkan oleh Sukmadinata dan kawan-kawan yang terdiri atas tiga tahap, yaitu: 1) Studi Pendahuluan, 2)  Pengembangan Model, dan 3) Uji Efektivitas Model. Sebagai studi pendahuluan lokasi penelitian ini dilaksanakan desa Hutadaa Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo.
              Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan partisipatif pada pendidikan anak usia dini, sebagai bagian dari program pendidikan untuk semua, telah memperoleh perhatian dari para pengambil kebijakan pendidikan dalam forum pendidikan dunia. Perhatian itu dituangkan dalam enam kerangka aksi, dan salah satu di antaranya yaitu memperluas dan memperbaiki pengasuhan dan pendidikan anak usia dini (PAUD) secara komprehensif, dan penerapan strategi pelibatan dan peningkatan peran serta masyarakat dalam pembentukan, implementasi, dan monitoring strategi pembangunan pendidikan, oleh karena itu model pengembangan yang dilakukan adalah dua model analogi, yakni pengembangan menggunakan prisip-prinsip dan teori yang sudah dikenal luas dan model dinamis yakni pengembangannya ada kemungkinan untuk bisa diulang berdasarkan adanya perubahan regulasi (pendidikan nasional dan undang-undang desa)

Kata Kunci: Model, Pengembangan, Sekolah Desa, Partisipatif 

0 komentar:

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Berisi Tulisan dan Artikel yang berkaitan dengan Bahasa Arab, Sastra Arab, Pendidikan, Tafsir, Rasm, Qiraat, Budaya, Tradisi Islam Lokal

Powered by Blogger.

Wikipedia

Search results

Total Pageviews

Blog Archive

Search This Blog

BAHASA ARAB untuk Para Pemula

BAHASA ARAB untuk Para Pemula
Dr. Ibnu Rawandhy N. Hula, M.A dan Dr. Damhuri, M.Ag

BUKU

BUKU
Qawaid al-Imla' wa al-Khat

My Web List

Translate

Recent Posts

3/recent/post-list

Jam