Artikel
ilmiah adalah karya ilmiah yang
dikhususkan untuk diterbitkan di jurnal ilmiah. Ada dua bentuk artikel
ilmiah, yaitu 1)
artikel konseptual--artikel yang diangkat
dari gagasan atau ide penulis dan artikel penelitian–artikel yang diangkat dari hasil penelitan atau kajian kepustakaan,
namun yang paling penting dalam menyusun artikel ilmiah adalah, penulis harus
tahu cara mencitasi baik secara manual maupiun mengunakan aplikasi
mendeley.
Cara membuat artikel ilmiah sedikit
berbeda dari artikel-artikel lainnya. Artikel
ilmiah bersifat
ilmiah dan sistematis. Terkadang artikel ilmiah juga menampilkan angka atau
fakta-fakta yang dapat memperkuat artikel tersebut. Namun saat ini yang
terpenting dalam menyusun artike ilmiah, adalah dengan menggunakan sistem sitasi/citation,
yang berfungsi membuat kutipan dan sumber rujukan serta daftar pustaka dari
sejumlah dokumen yang dirujuk atau yang dikutip oleh sebuah dokumen dan setiap
daftar pustaka dokumen tersebut dimuat dalam bibliografi dokumen yang mengutip,
yang secara khusus mengkaji pengarang dan karya-karya lain.
Sitasi atau kutipan adalah
referensi dari sumber yang diterbitkan atau tidak diterbitkan. Lebih tepatnya,
kutipan adalah ungkapan alfanumerik singkat yang tertanam dalam karya
intelektual yang menunjukkan entri di bagian referensi bibliografi dari karya
untuk tujuan mengakui relevansi karya-karya orang lain. Adapun cara mencitasi
dapat dilakukan secara manual, namun saat ini banyak mengunakan aplikasi
mendeley for dekstop
Mengapa
harus melakukan sitasi…?
Sitasi merupakan cara bagi kita untuk memberi tahu kepada
pembaca bahwa materi tertentu dalam karya yang kita tulis berasal dari sumber
lain. Ini juga memberi informasi kepada pembaca untuk menemukan sumber itu lagi
apabila informasi tersebut diperlukan, termasuk informasi tentang penulis,
judul karya, nama dan lokasi perusahaan yang menerbitkan salinan sumber yang
kita gunakan, tanggal salinan yang kita cantumkan, nomor halaman dari materi
yang kita kutip.
Memberikan kredit kepada penulis asli dengan mengutip
karyanya sebagai sumber tulisan kita adalah satu-satunya cara untuk menggunakan
karya orang lain tanpa menjiplak. Tetapi ada sejumlah alasan lain mengapa kita
harus mengutip sumber:
·
Kutipan
sangat membantu siapa saja yang ingin mengetahui lebih banyak tentang ide kita
dan dari mana asalnya
·
Tidak
semua sumber baik atau benar – ide kita sendiri seringkali lebih akurat atau
menarik daripada sumber yang kita kutip.
·
Mengutip
sumber menunjukkan penelitian yang telah kita lakukan
·
Mengutip
sumber memperkuat ide-ide kita.
Tidakkah
mengutip membuat karya kita tampak kurang orisinal?
Jawabannya
tidak semuanya. Sebaliknya, mengutip sumber sebenarnya membantu pembaca
membedakan ide kita sendiri dengan sumber yang kita kutip. Ini benar-benar akan
menekankan keaslian pekerjaan kita sendiri.
Kapan
kita perlu melakukan sitasi?
Kapan
pun kita meminjam kata-kata atau gagasan, kita perlu mengakui sumbernya.
Situasi berikut hampir selalu membutuhkan kutipan:
·
Setiap
kali kita menggunakan tanda kutip
·
Setiap
kali kita memparafrase
·
kapan
pun kita menggunakan ide yang telah diungkapkan orang lain
·
Setiap
kali kita membuat referensi khusus dari karya orang lain
·
Setiap
kali pekerjaan orang lain sangat penting dalam mengembangkan ide kita sendiri.
Bagaimanakan style dan Jenis-Jenis
Sitasi?
Berikut
ini macam-macam gaya penulisan sitasi beserta contohnya.
1.
Sitasi yang mengacu pada APA (American
Psychological Association)
Gaya APA berasal dari tahun 1929, ketika sekelompok psikolog,
antropolog, dan manajer bisnis berkumpul dan berusaha untuk menetapkan
serangkaian prosedur sederhana, atau aturan gaya, yang akan mengkodifikasikan
banyak komponen penulisan ilmiah untuk meningkatkan kemudahan pemahaman bacaan.
Gaya American Psychological Association (APA) sering digunakan dalam ilmu
sosial dan disiplin lain.
Gaya
APA menyerukan tiga jenis informasi untuk dimasukkan dalam kutipan dalam teks.
Nama belakang penulis dan tanggal publikasi karya harus selalu muncul, dan
elemen ini harus sama persis dengan entri yang sesuai dalam daftar referensi.
Jenis informasi ketiga, nomor halaman, hanya muncul dalam kutipan ke kutipan
langsung.
Contoh:
Baxter, C. (1997). Race equality in health care and
education. Philadelphia: Ballière Tindall.
2.
Kutipan gaya MLA (Modern
Language Association)/Asosiasi Bahasa Modern
MLA adalah akronim yang merupakan singkatan dari Modern Language
Association, sebuah organisasi Amerika yang menerbitkan MLA Style Manual
pertama pada tahun 1985. Sejak itu, banyak sekolah, akademi dan universitas
telah mengadopsi gaya penulisan ini di seluruh dunia.
MLA paling banyak diterapkan dalam bidang seni dan humaniora, khususnya
dalam studi bahasa Inggris, studi literatur lain, termasuk literatur komparatif
dan kritik sastra dalam bahasa lain selain bahasa Inggris (bahasa asing), dan
beberapa studi interdisipliner, misalnya studi budaya, drama dan teater, film,
dan media lainnya, termasuk televisi.
Contoh MLA : Alma,
B. 2009. Guru
Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Belajar. Bandung:
Alfabeta
3.
Kutipan Gaya Chicago
Gaya Chicago adalah gaya kutipan ang telah diterbitkan oleh Chicago
University Press sejak 1906. Gaya kutipan ini menggabungkan
aturan tata bahasa dan tanda baca umum dalam bahasa Inggris Amerika. Biasanya,
gaya Chicago menyajikan dua sistem sitasi dasar yang pemilihannya sering tergantung
pada materi pelajaran dan sifat sumber yang dikutip, yaitu:
Contoh:
yaitu Lutfi Muta’ali, Perencanaa Pengembangan Wilayah
Berbasis Pengurangan Risiko Bencana (Yogjakarta: Badan
Penerbit Fakultas Geografi UGM, 2014), 19-20.
“Citation dengan mendeley”
Saat ini banyak sekali bermunculan perangkat
lunak “citation & reference manager” yang menawarkan berbagai fitur
yang memudahkan penulis maupun dosen pembimbing untuk melacak keaslian
referensi yang digunakan oleh mahasiswanya. Salah satu perangkat lunak
“citation dan reference manager” yang belakangan ini mencuri perhatian banyak
pihak adalah Mendeley.
Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang
kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation
& reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring
semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan
melakukan sharing data penelitian.
Perangkat lunak Mendeley saat ini tersedia
dalam 2 (dua) versi, Desktop Edition dan Institutional Edition. Mendeley
Desktop Edition (selanjutnya dalam panduan ini akan disebut Mendeley saja)
adalah perangkat lunak “citation & reference manager” yang bisa didapatkan
secara gratis (tidak berbayar) dan sangat kompatibel dengan program pengolah
kata MS Word (2003,2007,2010), Mac Word (2008, 2011), Open Office/Libre Office
(3.2), dan Bib Tex.
Beberapa fitur yang menjadi andalan Mendeley
antara lain:
1.
Dapat
berjalan pada MS Windows, Mac, ataupun Linux.
2.
Menampilkan
metadata dari sebuah file PDF secara otomatis.
3.
Backup
dan sinkronisasi data dari beberapa komputer dengan akun online.
4.
Smart
filtering dan tagging.
5.
PDF
viewer dengan kemampuan anotasi dan highlighting.
6.
Impor
dokumen dan makalah penelitian dari situs-situs eksternal (misalnya PubMed,
Google Scholar, arXiv, dll).
7.
Integrasi
dengan berbagai perangkat lunak pengolah kata seperti MS Word, Open Office, dan
Libre Office.
8.
Fitur
jejaring sosial.
9.
iPhone
dan iPad app.
10.
Free
web storage sebesar 2 GB yang dapat dimanfaatkan
sebagai online backup.
Disamping
itu, pengaturan dan manajemen file hasil download sangat mudah dilakukan dengan
“drag and drop”, sehingga terasa sangat user friendly. Namun
demikian bukan berarti Mendeley tidak memiliki kelemahan. Mendeley akan
mengunggah semua file yang ada di hard disk lokal ke web site
Mendeley, sehingga apabila file-file ini kita dapatkan dari jurnal berbayar
seperti ScienceDirect, ProQuest, ClinicalKey tentunya akan sedikit bermasalah
khususnya dengan hak akses terhadap file-file tersebut.
INSTALASI MENDELEY
Proses instalasi Mendeley sangatlah mudah.
Langkah-langkah berikut ini memperlihatkan proses instalasi perangkat lunak
Mendeley ke dalam komputer.
Membuat Akun Mendeley
a.
Jalankan web
browser yang Anda gunakan, dan akses laman web http://www.mendeley.com
b.
Klik
“sign up & download” untuk memulai proses membuat akun Mendeley
sekaligus mengunduh perangkat lunaknya. Akun Mendeley juga dapat dibuat
menggunakan akun facebook yang Anda miliki.
c.
Ketikkan
nama depan, nama belakang, dan juga alamat email Anda. Kemudian klik “create
free account”.
d. Tahap berikutnya:
Ø
Choose
a password : tuliskan password yang Anda ingin pergunakan.
Ø
What’s
your field of study? : pilih disiplin ilmu yang sesuai dengan minat, misal:
medicine
Ø
What’s
your academic status? : pilih status akademik atau profesi Anda.
Klik “download mendeley” untuk memulai
proses mengunduh aplikasi Mendeley Desktop.
Menginstal Perangkat Lunak Mendeley
a.
Klik
dua kali file Mendeley-Desktop-1.8.4-win32 yang telah
diunduh. Setup Wizard akan mengarahkan Anda untuk
menyelesaikan proses instalasi Mendeley Desktop.
b.
Klik next untuk
memulai Setup Wizard.
c. Klik “I Agree” jika setuju dengan
License Agreement yang disodorkan oleh Mendeley.
d. Klik “Browse” untuk menyesuaikan di folder
mana aplikasi akan dipasang. Anda dapat mengabaikan pilihan tersebut dan
langsung klik “next” untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.
e. Klik Install untuk memulai proses
instalasi Mendeley Desktop.
f. Beri tanda centang pada Run
Mendeley Desktop dan klik “finish” untuk menyempurnakan proses
instalasi.
Sampai disini proses instalasi Mendeley
Desktop telah selesai.
Antar muka (interface) Mendeley : My Library
Interface Aplikasi Mendeley Desktop terdiri
atas 3 bagian,
1.
Kolom
sebelah kiri (left panel), menampilkan seluruh sumber daya (koleksi
referensi) yang Anda miliki. My Library terbagi ke dalam folder dan kelompok.
Beberapa folder secara otomatis disediakan oleh Mendeley, seperti: “recently
added, favorities”.
2.
Kolom
tengah (central panel), dipergunakan untuk menampilkan rincian daftar
sumber daya referensi yang dipilih pada kolom kiri.
3.
Kolom
sebelah kanan (right panel), dipergunakan untuk menampilkan detail
informasi dari koleksi terpilih di kolom tengah.
Sedangkan “toolbar” berisi ikon untuk
tugas-tugas yang bersifat umum, seperti menambah dan menghapus dokumen,
melakukan sinkronisasi dan sebagainya. Anda juga dapat melakukan “drag and
drop” maupun “right click”.
Semoga dengan tulisan ini, artikel ilmiah anda sudah memenuhi unsur-unsur keilmiahan, terutama dengan cara mencitasi dan menggunakan aplikasi mendeley.
0 komentar:
Post a Comment