Wednesday, March 4, 2020

TAFSIR TARBAWI DI INDONESIA


73 komentar:

Moh iqwan said...
This comment has been removed by the author.
Siska Nurhayati said...

Nama: Siska Nurhayati
Kelas:PBA 2B
Nim: 191032047

Tafsir tarbawi secara etimologis adalah kata serapan dari bahasa arab yang terdiri dari dua kata yaitu tafsir dan tarbawi. Kata tafsir dapat diartikan sebagai penjelasan al-quran dan tarbawi yaitu pendidikan. Secara sederhana tafsir tarbawi adalah penjelasan atas ayat-ayat suci al-quran yang terkait dengan pendidikan. Secara terminologis atau istilah, tafsir tarbawi memiliki dua pengertian. Pertama, tafsir tarbawi adalah nama bagi salah satu mata kuliah yang ada di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Dan kedua tafsir tarbawi merupakan sebuah usaha (ijtihad) dalam bidang tafsir yang mencoba mendekati al-quran dari perspektif pendidikan. Dalam konteks Indonesia, istilah tafsir tarbawi diduga kuat muncul sejak ia dijadikan sebagai nama mata kuliah di program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi Islam di Indonesia. Perkembangan tafsir tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan Islam di Timur Tengah dan negara-negara muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan Islam berbahasa Arab sudah ada sebelum karya-karya tafsir tarbawi tersebut. Selain itu, karya-karya pemikir pendidikan Timur Tengah (atau terjemahnya) tampak menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya-karya tafsir tarbawi.

Ekanurhayati said...

Kata tafsir adalah bentuk Masdar dari kata fassara yang secara atimologis berarti mengungkap dan menampakkan, dapat juga berarti menerangkan sesuatu yang masih samar serta menyingkap sesuatu yang tertutup.


Berdasarkan pengertian etimologis tersebut dapat dipahami bahwa suatu kata tidak dapat dikatakan telah mengalami proses penafsiran jika tidak terdiri dari kata yang masih samar dan belum jelas maknanya.

Sedang akan kata tarbiyah, secara leksikal tidak ditemukan dalam Al-Qur'an. Akan tetapi ditemukan bahwa Al-Qur'an mempergunakan kata-kata yang akar katanya mempunyai sumber derivasi (isytiqaq) yang sama dengan al-tarbiyyah. Kata-kata yang dimaksud ialah al-raab, rabbayani, nurabbi, ribbin, Rabbani. Demikian pula, dalam hadis ditemukan penggunaan istilah Rabbani.

Berdasarkan makna kata tafsir dan tarbiyyah, maka istilah tafsir tarbawi dapat diartikan sebagai tafsir yang menitikberatkan pada masalah tarbiyah dalam rangka membangun peradaban yang sesuai dengan petunjuk dan spirit Al-Qur'an. Ia merupakan proper dan abstract noun dari term tafsir,yang termasuk kategori disiplin keilmuan yang baru. Tetapi menempati posisi yang strategis, karena dijadikan sebagai wadah kajian akademik dalam institusi perguruan tinggi ,seperti IAIN, STAIN, PTAI. Dan lain sebagainya, khususnya fakultas atau jurusan tarbiyah.

Terminologi tafsir pendidikan hanya untuk memenuhi kebutuhan akademik dalam rangka pengayaan kurikulum lokal atau kurikulum nasional di PTAI. Dengan harapan bahwa jurusan tarbiyah mampu mempersiapkan calon pendidik dalam wilayah pendidikan islam. Oleh karena itu, agar pendidikan islam mampu mewarnai profesi yang disandang oleh pendidik secara profesional yaitu menuju pendidikan yang islami yang mampu mengembalikan paradigma pendidikan kepada sumber dasar ajaran islam yaitu Al-Qur'an dan Hadis, maka lahirlah disiplin tafsir sebagai alternatif kajian yang mempunyai relasi dengan pendidikan yang kemudian disebut tafsir tarbawi.

Mandaria said...
This comment has been removed by the author.
Ekanurhayati said...
This comment has been removed by the author.
Firgiawan Makalunsenge said...

Nama:Firgiawan Makalunsenge
Kelas:PBA 2B
NIM:191032067

Istilah tafsir tarbawi sejatinya berasal dari dua kata, yaitu kata tafsir dan tarbawi. Keduanya adalah kata serapan dari bahasa arab yaitu tafsir (penjelasan Al-Qur’an) dan tarbawi (pendidikan). Dari makna bahasa (etimologis) tersebut, secara sederhana bisa dipahami bahwa Tafsir Tarbawi adalah penjelasan (atas ayat-ayat suci Al-Qur’an) terkait pendidikan.
Secara istilah (terminologis), Tafsir Tarbawi memiliki dua
pengertian. Pertama, Tafsir Tarbawi adalah nama bagi sebuah mata
kuliah yang diajarkan di Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan,
di perguruan tinggi Islam di Indonesia, khususnya di jurusan atau
program studi Pendidikan Agama Islam, (PAI), sebagai pengayaan
terhadap kulikulum lokal atau kurikulum nasional. Dan kedua adalah
Tafsir Tarbawi merupakan sebuah usaha (ijtihād) dalam bidang tafsir
yang mencoba mendekati al-Qur’an dari perspektif pendidikan. Tafsir
Tarbawi bisa dimaknai sebagai sebuah metode memahami al-Qur’an
dengan menekankan aspek-aspek pendidikan dalam analisisnya.
Walaupun, pada dasarnya istilah Tafsir Tarbawi di Indonesia kini tidak
bisa dipisahkan satu sama lain, karena pengertian pertama hampir
selalu mengandung pengertian kedua. Dalam konteks Indonesia, istilah Tafsir Tarbawi diduga kuat
muncul sejak ia dijadikan sebagai nama mata kuliah di program studi
atau jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi-
perguruan tinggi Islam di Indonesia. Perkembangan Tafsir Tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas
dari pengaruh pemikiran pendidikan Islam di Timur Tengah dan
negara-negara Muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa
karya-karya pendidikan Islam berbahasa Arab sudah ada sebelum
karya-karya Tafsir Tarbawi tersebut. Selain itu, karya-karya pemikir
pendidikan Timur Tengah (atau terjemahnya) tampak menjadi sumber
rujukan dalam penulisan karya-karya Tafsir Tarbawi.

Sofi Nurul Khofifah said...

Nama :Sofi Nurul Khofifah
Kelas:PBA/2B
Nim :191032043

Tafsir tarbawi di Indonesia.

Kata tafsir berasal dari kata تفسير adalah bentuk masdar dari kata فسر yang secara etimologis berarti والاظهار الكشف mengungkap dan menampakkan. Kata tafsir juga mengungkapkan sesuatu yang masih samar serta tertutup. Dalam kaitannya dengan kata , tafsir berarti menjelaskan makna kata yang sulit dipahami sehingga kata tersebut dapat di pahami maknanya. Dalam pendapat lain, tafsir ini diambil dari kata tafsiroh yang berarti suatu perkakas yang digunakan tabib untuk mengetahui penyakit orang lain.


Adapun kata tarbiyah, ditemukan dalam al-qur'an mempergunakan akar kata yang berasal dari sumber derivasi /isytiqaq yang sama dengan al-tarbiyyah. Kata yang dimaksud ialah al-rabb, rabbani, dll.

Berdasarkan makna tafsir dan tarbiyyah tersebut, maka istilah tafsir pendidikan atau tarbawi dapat diartikan sebagai tafsir yang menitikberatkan pada masalah tarbiyyah dalam rangka membangun peradaban yang sesuai dengan syariat. Tafsir tarbawi menempati posisi yang strategis karena dijadikan sebagai wadah kajian akademik dalam Institut atau Universitas Islam. Hemat penulis masih sangat dini untuk dikatakan mapan. Hal ini karena tafsir pendidikan belum mempunyai perangkat, metode dan pendekatan yang proporsional sebagaimana mestinya. Sesuai dengan latar belakang munculnya, terminologi tafsir pendidikan hanya untuk memenuhi kebutuhan akademik dalam rangka pengayaan kurikulum lokal atau kurikulum nasional di PTAI, harapan mau mempersiapkan calon pendidik dalam wilayah pendidikan islam.

Tafsir tarbawi berupaya mendekati al-qur'an melalui sudut pandang pendidikan. Sehingga paradigma pendidikan dapat dilandaskan kepada kitab suci. Hadirnya terminologi hadis tarbawi dalam hal ini adalah metode pemahaman kitab suci atau tafsir yang dilihat dari sisi pendidikan dengan lebih memperhatikan corak pendidikan dalam memberikan analisisnya.

Kebutuhan penggunaan akan kitab suci atau tafsir didasarkan pada aspek:
1.Tafsir sebagai basis keimanan
2.Tafsir sebagai konfirmasi terhadap kebenaran.
3.Berfungsi sebagai pelengkap
4.Berfungsi sebagai pengisi nilai
5.Berfungsi sebagai jembatan
6.Tafsir dalam wacana ilmiah yang konstruktif.


Istilah tafsir telah digunakan untuk memahami al-qur'an dengan berbagai corak dan jenisnya. Namun meyode yang digunakan telah menghasilkan berbagai karya. Dalam dunia pendidikan, tafsir tidak pernah luput dari pengajarannya. Dan pendekatan dalam memahami al-Qur'an dengan menggunakan pendekatan pendidikan yang diijtihadkan yaitu tafsir tarbawi.
Hal itu di maksudkan agar mahasiswa mampu mendekati dan memahami al-Qur'an dari sudut pandang pendidikan baik secara teori maupun praktik.

Nurul Aulia Damogalad said...

Nama : Nurul Aulia Damogalad
NIM : 191032042
Kelas : PBA 2 B

Istilah "Tafsir Tarbawi" sejatinya berasal dari dua kata, yaitu kata "tafsir" dan "tarbawi". Keduanya adalah kata serapan dari bahasa Arab, yaitu tafsir (penjelasan Al-Quran) dan tarbawi (pendidikan). Secara sederhana bisa dipahami bahwa Tafsir Tarbawi adalah penjelasan atas ayat-ayat suci al-Quran terkait pendidikan.
Tafsir Tarbawi adalah nama bagi sebuah mata kuliah yang diajarkan di Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan, di perguruan tinggi islam di indonesia, khususnya di jurusan atau program studi Pendidikan Agama Islam, sebagai pengayaan terhadap kurikulum lokal atau kurikulum nasional. Dan kedua adalah Tafsir Tarbawi merupakan sebuah usaha (ijtihad) dalam bidang tafsir yang mencoba mendekati al-Quran dari perspektif pendidikan.
Dalam konteks Indonesia, istilah tafsir Tafsir Tarbawi diduga kuat muncul sejak ia dijadikan sebagai nama mata kuliah di program studi atau jurusan Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi islam di Indonesia.
Perkembangan Tafsir Tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan Islam di Timur Tengah dan negara-negara Muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan Islam berbahasa Arab sudah ada sebelum karya-karya Tafsir Tarbawi tersebut. Selain itu, karya-karya pemikir pendidikan Timur Tengah tampak menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya-karya Tafsir Tarbawi. Di atas semua itu, seperti telah diutarakan di bab awal, rekomendasi konferensi pendidikan di dunia Islam yang diselenggarakan di Mekah tahun 1977 terkait pengembangan konsep pendidikan Islam berdasarkan al-Quran, sangat mungkin telah mendorong kemunculan Tafsir Tarbawi ini.

Moh iqwan said...
This comment has been removed by the author.
Mandaria said...
This comment has been removed by the author.
Moh iqwan said...

Nama:Moh iqwan
Kelas:PBA 2B
Nim:191032014

Tafsir tarbawi merupakan upaya untuk mendekatkan pemahaman akan kandungan Al-Qur’an dari aspek kependidikan, atau dengan kata lain upaya memahami implikasi ayat-ayat Al-Qur’an dari sisi kependidikan. Upaya memahami pesan-pesan Al-Qur’an dalam sebaran ayat-ayatnya itulah hakikat tafsir, sehingga dapat dimengerti betapa urgennya tafsir Al-Qur’an itu. Pendidikan merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan, posisinya sangat strategis dalam membentuk budaya dan peradaban umat manusia. Karena strategisnya posisi pendidikan ini dalam kehidupan manusia, mustahil jika Al-Qur’an tidak berbicara tentang bagaimana menjadikan manusia berbudaya dan berperadaban. Datangnya surat Al-Alaq pertamakali sudah cukup menjadi bukti bahwa Al-Qur’an sangat menekankan pentingnya proses pendidikan. Disamping itu juga banyak ayat-ayat Al-Qur’an berbicara tentang ilmu pengetahuan, hal ini menguatkan asumsi bahwa Al-Qur’an sarat dengan peran-peran pendidikan.
Tafsir tarbawi di indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran islam di timur tengah dan negara-negara muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan islam berbahasa arab sudah ada sebelum karya-karya tafsir tarbawi tersebut. Selain itu,
Karya-karya pemikir pendidikan timur tengah (atau terjemahnya) tampak menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya-karya tafsir tarbawi tersebut.

Mandaria said...

Kelas : PBA 2B
Nama : Mandaria
Nim : 191032063
Tafsir Tarbawi merupakan sebuah usaha (ijtihād) dalam bidang tafsir
yang mencoba mendekati al-Qur’an dari perspektif pendidikan.3
Tafsir
Tarbawi bisa dimaknai sebagai sebuah metode memahami al-Qur’an
dengan menekankan aspek-aspek pendidikan dalam analisisnya.
Walaupun, pada dasarnya istilah Tafsir Tarbawi di Indonesia kini tidak
bisa dipisahkan satu sama lain, karena pengertian pertama hampir
selalu mengandung pengertian kedua, walaupun tidak sebaliknya (walau pengertian kedua tidak termasuk pada pengertian pertaman).
dapat diartikan sebagai tafsir yang menitikberatkan pada masalah
pendidikan (tarbiyyah) dalam rangka membangun peradaban yang
sesuai dengan petunjuk dan spirit al-Qur’an.4
Tujuan usaha ini adalah
untuk mengembangkan sebuah paradigma dan konsep pendidikan
berdasarkan kitab suci yang bisa diimplementasikan sebagai nilai￾nilai dasar dalam pendidikan.

Rosita Hasyim said...
This comment has been removed by the author.
Rasmi Djalil said...
This comment has been removed by the author.
Dinda Rahayu said...
This comment has been removed by the author.
Rasmi Djalil said...

NAMA: RASMI DJALIL
NIM: 191032049
KELAS: PBA 2B

Istilah "Tafsir Tarbawi" berasal dari dua kata yakni "Tafsir" dan "Tarbawi". Keduanya adalah kata serapan dari bahasa arab yaitu "Tafsir" yang artinya penjelasan al-qur'an dan "Tarbawi" yang artinya pendidikan. Tafsir tarbawi diartikan sebagai penjelasan ayat-ayat Al-Qur'an terkait pendidikan/ metode dalam memahami Al-Qur'an dengan menekankan aspek-aspek pendidikan dalam analisanya. Perkembangan tafsir tarbawi di indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan islam di timur tengah dan negara-negara muslim lainnya. Hal ini didasarkan pada asumsi karya-karya pendidikan islam berbahasa arab sudah ada sebelum karya-karya tafsir tarbawi tersebut. Tafsir tarbawi muncul di indonesia pada abad ke-17M, hanya saja perkembangannya sangat lamban, sehingga baru berkembang pesat pada abad ke-20M. Adapun karya tafsir tarbawi yang ada di indonesia sekitar 20 judul buku diantaranya adalah tafsir ayat-ayat pendidikan (Tafsir Al-Ayat Al-Tarbawy) karya Abuddin Natta (2002)'2). Penulis buku tafsir tarbawi diketahui semuanya adalah para Dosen diperguruan tinggi di indonesia. namun, hanya ada 6 orang yang berlatar belakang pendidikan dibidang tafsir atau Ulumul Qur'an, salah satu diantaranya adalah NurWadjah Ahmad E.Q. Penulisan buku tafsir tarbawi di indonesia secara pragmatis lebih didorong oleh keinginan untuk menyediakan buku referensi mata kuliah "Tafsir Tarbawi" dimana diantara mereka adalah dosen pengampu mata kuliah tersebut. Ada 2 paradigma yang mendasari penyusunan buku tafsir tarbawi di indonesia yaitu"
1. Paradigma Al-Qur'an sebagai sumber nilai pendidikan islam (tafsir tarbawi sebagai
pemberi nilai bagi pendidikan islam)
2. Al-qur'an sebagai sumber ilmu pendidikan islam (tafsir tarbawi sebagai usaha dalam
rangka mencari dan merumuskan ilmu pendidikan islam).
Jika dilihat dari sistematika penulisan buku dan penafsiran ayatnya, dari buku-buku tafsir tersebut dapat dilihat bahwa ada yang mengikuti cara kerja tafsir dan ada yang tidak. adapun pembagian tafsir tarbawi di indonesia terbagi menjadi 2 yaitu:
1. Tafsir tarbawi sebagai buku daras tafsir tarbawi
2. Tafsir tarbawi sebagai kajian khusus tafsir.

Uswatun Hasan said...

Nama : Uswatun Hasan
NIM : 191032041
Kelas : PBA 2B

KESIMPULAN TAFSIR TARBAWI DI INDONESIA

Istilah “Tafsir Tarbawi” sejatinya berasal dari dua kata, yaitu kata “tafsir” dan “tarbawi.” Keduanya adalah kata serapan dari bahasa Arab, yaitu tafsīr (penjelasan Al-Qur’an) dan tarbawī (Pendidikan). Dari makna bahasa (etimologis) tersebut, secara sederhana bisa dipahami bahwa Tafsir Tarbawi adalah penjelasan (atas ayat-ayat suci al-Qur’an)
terkait pendidikan. Frase tersebut kini bahkan sudah menjadi istilah
dan memiliki makna teknis sebagai sebuah disiplin ilmu tertentu (makna terminologis).

Secara istilah (terminologis), Tafsir Tarbawi memiliki dua pengertian. Pertama, Tafsir Tarbawi adalah nama bagi sebuah mata kuliah yang diajarkan di Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan, di perguruan tinggi Islam di Indonesia, khususnya di jurusan atau program studi Pendidikan Agama Islam, (PAI), sebagai pengayaan terhadap kulikulum lokal atau kurikulum nasional.2 Dan kedua adalah Tafsir Tarbawi merupakan sebuah usaha (ijtihād) dalam bidang tafsir yang mencoba mendekati al-Qur’an dari perspektif pendidikan.3 Tafsir Tarbawi bisa dimaknai sebagai sebuah metode memahami al-Qur’an dengan menekankan aspek-aspek pendidikan dalam analisisnya. Walaupun, pada dasarnya istilah Tafsir Tarbawi di Indonesia kini tidak bisa dipisahkan satu sama lain, karena pengertian pertama hampir selalu mengandung pengertian kedua, walaupun tidak sebaliknya(pengertian kedua bukan dalam pengertian pertama).

Tafsir Tarbawi dalam pengertian yang pertama adalah nama dan materi perkuliahan atau (kemudian menjadi) buku yang berisi tafsiran atas beberapa (kumpulan) ayat al-Qur’an yang diyakini atau diangggap mengandung nilai-nilai pendidikan. Karena isi kandungannya itu maka kemudian disebut tafsir “ayat-ayat” pendidikan (Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan atau Tafsir Tarbawi). Istilah-istilah lain yang biasa digunakan untuk merujuk istilah Tafsir Tarbawi ini di antaranya: “Tafsir Ayat-ayat Pendidikan,” “Tafsir Pendidikan,” “Pendidikan dalam al-
Qur’an,” “Pendidikan dalam perspektif al-Qur’an,” dan “Pembelajaran dalam al-Qur’an”
Sementara Tafsir Tarbawi dalam pengertian yang kedua adalah kajian tafsir al-Qur’an yang dengan sungguh-sungguh secara sistematis dan metodologis hendak menggali konsep pendidikan Islam dan seluruh komponen penunjangnya, mulai dari pengertian, tujuan,metode, media, sampai pada evaluasi dan manajemennya. Tafsir Tarbawi dalam pengertian ini sangat terkait dengan dan terikat oleh bidang ilmu tafsir (‘ulūm al-Qur’ān), karena kompetensi sang mufasir dan metodologi yang digunakan harus memenuhi standar baku yang terdapat dalam ilmu tafsir tersebut.

Dinda Rahayu said...

NAMA : DINDA SRI RAHAYU LARUBA
KELAS : PBA 2B
MATERI
TAFSIR TARBAWI DI INDONESIA

Istilah “Tafsir Tarbawi” sejatinya berasal dari dua kata, yaitu kata “tafsir” dan “tarbawi.” Keduanya adalah kata serapan dari bahasa Arab, yaitu tafsīr (penjelasan [al-Qur’an]) dan tarbawī (pendidikan). Dari makna bahasa (etimologis) tersebut, secara sederhana bisa dipahami bahwa Tafsir Tarbawi adalah penjelasan (atas ayat-ayat suci al-Qur’an) terkait pendidikan Tafsir Tarbawi yang memposisikan al-Qur’an sebagai sumber rujukan pengembangan Ilmu Pendidikan Islam sehingga kontribusiyang diberikannya lebih ke arah penggalian dan perumusan ilmu (aplikasi) pendidikan Islam.
Tafsir Tarbawi juga kini sudah mulai berkembang di Indonesia. Tidak diketahui secara persis sejak kapan terminologi Tafsir Tarbawi ini muncul di Indonesia. Diasumsikan, ia populer sejak dijadikan salah satu mata kuliah di Jurusan/Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi Islam, seperti Institut Agama Islam Negeri (IAIN, sekarang Universitas Islam Negeri/UIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Bahkan, walaupun penggunakan istilah ini mungkin sudah setua jurusan PAI, sepanjang penelusuran penulis, Abuddin Nata adalah orang yang pertama kali menyusun buku Tafsir Tarbawi di Indonesia, yang berjudul Tafsir Ayat-ayat Pendidikan (Tafsiral-Ayat al-Tarbawiyyah) (terbitan tahun 2002). Buku tersebut adalah bahan ajar (buku daras) bagi mata kuliah Tafsir Tarbawi.
Dari sisi penggalian ilmu (dalam hal ini ilmu pendidikan), fungsi Tafsir Tarbawi tampak seperti corak tafsir bi al-‘ilm (scientific exegesis), walaupun Tafsir Ilmi lebih merupakan corak tafsir dengan pendekatan teori-teori ilmiah kealaman (sains) dalam penafsiran al-Qur’an.22 Seperti Tafsir Ilmi, Tafsir Tarbawi dibangun berdasarkan asumsi bahwa al-Qur’an mengandung berbagai macam ilmu, baik yang telah ditemukan maupun yang belum. Kita tahu bahwa corak Tafsir Ilmi berangkat dari paradigma bahwa al-Qur’an di samping tidak bertentangan dengan akal sehat dan ilmu pengetahuan, ia bahkan mengandung hal-hal yang terkait dengan teori-teori ilmu pengetahuan.
Dari perspektif pendidikan, fenomena Tafsir Tarbawi juga menarik, karena ia bisa dijadikan sebagai epistemologi alternatif dalam mengembangkan pendidikan Islam, baik secara teoretis maupun praktis. Akan tetapi, pengembangan dan penyusunan konsep pendidikan Islam berdasarkan prinsip-prinsip Islam dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat kontemporer bukanlah hal yang mudah. Sehingga ada pengamat yang menyimpulkan bahwa tidak ada sistem yang benar-benar menyediakan sebuah model pendidikan yang benar-benar memuaskan dalam perspektif Muslim.
Perkembangan Tafsir Tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan Islam di Timur Tengah dan negara-negara Muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan Islam berbahasa Arab sudah ada sebelum karya-karya Tafsir Tarbawi tersebut.
fungsi al-Qur’an bagi pengembangan Ilmu Pendidikan Islam seperti dipahami dan ditampilkan para penulis buku-buku Tafsir Tarbawi di Indonesia lebih sebagai sumber rujukan nilai daripada sebagai sumber perumusan Ilmu atau teori Pendidikan Islam. Walaupun kedua usaha ini ada; baik ke arah penggalian nilai Pendidikan Islam maupun ke arah perumusan Ilmu Pendidikan Islam.Pada hakikatnya, Tafsir Tarbawi di Indonesia adalah bentuk penafsiran al-Qur’an yang menggunakan pendekatan pendidikan.
Karya-karya Tafsir Tarbawi di Indonesia dapat diklasifikasikan kepada dua kategori: Tafsir Tarbawi sebagai buku daras dan Tafsir Tarbawi sebagai kajian tafsir khusus. Dari kedua kategori tersebut, ada yang dapat disebut karya tafsir dan ada yang bukan. Hal ini terlihat dari motivasi penulisannya, cara kerja, dan sistematika penulisannya. Para penulis Tafsir Tarbawi di Indonesia pada umumnya adalah dosen mata kuliah Tafsir Tarbawi yang berlatarbelakang pendidikan di bidang tafsir al-Qur’an dan atau pendidikan Islam. Mereka rata-rata sudah bergelar doktor, bahkan banyak juga yang kini sudah bergelar profesor.

Lisa Bonde said...

Nama: Siti Nur Holisa M. Bonde
Kelas: PBA 2B
NIM: 191032075


Istilah "Tafsir Tarbawi" sejatinya berasal dari dua kata, yaitu kata "tafsir" dan "tarbawi". Keduanya adalah kata serapan dari bahasa Arab, yaitu tafsir (penjelasan al-Quran) dan tarbawi (pendidikan). Dari makna bahasa (etimologis) tersebut, bisa dipahami bahwa Tafsir Tarbawi adalah penjelasan atas ayat-ayat suci al-Quran terkait pendidikan.
Secara istilah (terminologis), Tafsir Tarbawi memiliki dua pengertian. Pertama, Tafsir Tarbawi adalah nama bagi sebuah mata kuliah yang diajarkan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, di perguruan tinggi Islam di Indonesia. Dan kedua adalah Tafsir Tarbawi merupakan sebuah usaha (ijtihad) dalam bidang tafsir yang mencoba mendekati al-Quran dari perspektif pendidikan. Tafsir Tarbawi bisa dimaknai sebagai sebuah metode memahami al-Quran dengan menekankan aspek-aspek pendidikan dalam analisisnya.
Dalam konteks Indonesia, istilah Tafsir Tarbawi diduga muncul sejak ia dijadikan sebagai mata kuliah di program studi atau jurusan pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan-perguruan tinggi di Indonesia.
Perkembangan Tafsir Tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan Islam di Timur Tengah dan negara-negara muslim lain.

Rosita Hasyim said...
This comment has been removed by the author.
Rosita Hasyim said...

Nama:Rosita A Hasyim
Kls: PBA 2 B
Nim:191032091
Mk:Tafsir tarbawi


pengertian,pertama tafsir tarbawi yang diajarkan difakultas ilmu tarbiyah dan keguruan adalah nama bagi sebuah mata kuliah,sedangkan tafsir tarbawi yang kedua merupakan sebuah usaha ijtihad dalam bidang tafsir yang mencoba mendekati Al-quran dari persfektif pendidikan.sehingga Tafsir tarbawi merupakan tafsir yang bisa di maknai sebagai sebuah metode memahami al-quran dengan menekankan asfek-asfek pendidikan Dalam analisisnya,sehingga istilah tafsir tarbawi diindonesia kini tidak bisa dipisahkan satu sama lain.Secara intrinsik, muncul dan adanya Tafsir Tarbawi ini sendiri
sangat mungkin karena ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan atau secara implisit berbicara tentang pendidikan, baik materi maupun metode pengajarannya, jelas keberadaannyaAl-Qur’an memperkenalkan dirinya sebagai petunjuk (hudan) dan secara teknisdalam wahyu yang pertama turun yaitu Surat al-‘Alaq: 1-5, Allah memerintahkan manusia untuk membaca atau belajar. Hal ini jelas menunjukkan bahwa al-Qur’an sangat menekankan arti pentingnya
pendidikan.Secara historis, penulis mengira muncul dan digunakannya istilah Tafsir Tarbawi (al-tafsīr al-tarbawī) ini sendiri bisa dikatakan cukup baru. Dalam karya-karya berbahasa Arab sendiri istilah Tafsir Tarbawi ini baru digunakan belakangan, yaitu oleh Anwār al-Bāz,dalam karyanya Al-Tafsīr al-Tarbawī li al-Qur’ān al-Karīm, (3 jilid) yang diterbitkan pada tahun 2007.Dalam karyanya ini, al-Bāz mengatakan bahwa al-Qur’an adalah kitab dakwah dan gerakan. Seluruh ayat al￾Qur’an menurutnya diturunkan sebagai tarbiyyah (pendidikan) dan arahan untuk membina ummat al-rāshidah yang akan menegakkan khilāfah al-rāshidah di muka bumi, mendidik jiwa manusia dalam segala aspeknya, baik dalam urusan personal, spiritual, sosial,maupun peradaban. Menurutnya, manusia tidak akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat jika ia tidak mendapat pendidikan sesuai dengan pendidikan Qur’ani-Islami yang benar (Qur’āniyyah al-Islāmiyyah al-Shahīhah).

Lili said...

Nama:Lili N.Abd Razak
Kelas:PBA2 B
Nim:191032062
Secara sederhana bisa dipahami bahwa Tafsir Tarbawi adalah penjelasan (atas ayat-ayat suci al-qur'an) terkait pendidikan.
Secara istilah terminologis, Tafsir Tarbawi memiliki dua bagi sebuah mata kuliah yang diajarkan di Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan, diperguruan Tinggi Islam di Indonesia, Khususnya dijurusan atau program studi Pendidikan Agama Islam, PAI, sebagai pengayaan terhadap kurikulum lokal atau kurikulum nasional.Dan kedua adalah Tafsir Tarbawi merupakan sebuah usaha (ijtihad) dalam bidang tafsir yang mencoba mendekati al qur'an dari perspektif pendidikan. Tafsir Tarbawi bisa dimaknai sebagai sebuah metode memahami al qur'an dwngan aspek-aspek pendidikan dalam analisisnya.

Fajriani A Syukur said...
This comment has been removed by the author.
Fatma pomoalo said...

Bismillah.
Assalamualaikum
Nama: Fatmawati Nur pomoalo
Kelas: PBA 2B
Tugas: Resume Tafsir Tarbawi
Nim:191032058
Sebelum Berbicara tentang Tafsir Tarbawi di Indonesia, tentu kita harus tahu dulu pengertian dari Tafsir Tarbawi itu sendiri.
Istilah “Tafsir Tarbawi” sejatinya berasal dari dua kata, yaitu kata“tafsir” dan "tarbawi". Keduanya adalah kata serapan dari bahasa Arab,yaitu Tafsir (penjelasan) dan tarbawi (pendidikan). Dari makna bahasa tersebut,secara sederhana bisa dipahami bahwa tafsir tarbawi adalah penjelasan (atas ayat-ayat suci Al-Quran) terkait pendidikan.
Secara Istilah tafsir tarbawi memiliki 2 pengertian. Pertama, tafsir tarbawi adalah nama bagi sebuah mata kuliah yang diajarkan difakultas Ilmu tarbiyah dan keguruan, di perguruan tinggi Islam di Indonesia. Dan kedua adalah tafsir tarbawi merupakan sebuah usaha dalam bidang tafsir tarbawi yang mencoba mendekati Al-Quran dari perspektif pendidikan. Tafsir tarbawi bisa dimaknai sebagai sebuah metode memahami Al-Qur'an dengan menekankan aspek-aspek pendidikan dalam analisis. Walaupun,pada dasarnya istilah Tafsir Tarbawi di Indonesia kini tidak bisa dipisahkan satu sama lain,karena pengertian pertama hampir selalu mengandung pengertian kedua,walaupun tidak sebaliknya (pengertian kedua bukan pengertian pertama).

Jadi perkembangan tafsir tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh terhadap pemikiran pendidikan Islam di timur tengah dan negara-negara muslim lain.
Pendidikan sebagai ilmu yang mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, karena didalamnya banyak unsur-unsur yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun unsur atau bagian yang terlibat dalam pendidikan Islam sekaligus menjadi ruang lingkup pendidikan Islam antara lain, yaitu anak didik,tujuan pendidikan Islam, pendidik,materi pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, evaluasi pendidikan, alat-alat atau media pendidikan Islam,dan lingkungan sekitar.

Jessika Tania Lendeon said...


Nama : Jessika Tania Lendeon
Kelas : PBA 2 B
NIM : 191032082

Tafsir Tarbawi di Indonesia

Istilah tafsir telah lazim digunakan untuk
memahami Alquran dengan berbagai corak
dan jenisnya. Namun setelah sekian lama ilmu
dan metode tersebut digunakan dan telah
menghasilkan berbagai karya, ternyata masih
terfokus pada corak dan ragam tertentu,seperti bahasa, hukum, tasawuf dan lain lain.
Dalam dunia pendidikan Islam, tafsir tidak
pernah luput dari pengajarannya. Namun ada
pertanyaan mendasar, mengapa dalam
pendidikan Islam yang mengajarkan tafsir
tidak ada yang membahas tafsir Alquran
berbasis pada konstruks teori pendidikan.Dari
pertanyaan ini, muncul tawaran pendekatan
dalam memahami Alquran dengan menggu-
nakan pendekatan pendidikan yang
diijtihadkan namanya dengan tafsir tarbawi.
Hal itu dimaksudkan agar para mahasiswa
mampu mendekati dan memahami Alquran
melalui sudut pandang pendidikan (education
perspctive), baik secara teoretik maupun
praktik, yang berhubungan dengan kepen-
didikan, melalui kajian kritis terhadap tafsir
ayat-ayat dengan metodologi dan pendekatan
tafsir tarbawi hingga mampu mengambil
simpulan serta mengaplikasikannya dalam
praktik pendidikan nyata.
Berdasarkan makna kata tafsir dan
tarbiyah tersebut, maka istilah tafsir
pendidikan (tafsir tarbawi dapat diartikan
sebagai tafsir yang menitikberatkan pada
masalah tarbiyah dalam rangka membangun
peradaban yang sesuai dengan petunjuk dan
spirit Alquran.

Fadila Amir said...

Nama:Fadila Amir
Kelas:Pba 1B
Nim:191032029


Istilah tafsir tarbawi berasal dari dua kata "tafsir" dan "tarbawi". Keduanya adalah kata serapan dari bahasa arab yaitu tafsir (penjelasan al-qir'an) dan tarbawi (pendidikan) dari makna bahasa etimologi tersebut secara sederhana bisa dipaahami bahwa tafsir tarbawi adalah penjelasan atas ayat-ayat suci al-qur'an terkait pendidikan. Fase tersebut kini bahkan sudah menjadi istilah dan memiliki makna teknis sebagai sebuah disiplin ilmu tertentu.

Tafsir tarbawi diindonesia membangun peradaban yang sesuai dengan petunjuk dan spirit al-quran. Dari hasil penelusuran tafsir tarbawi yang ada di indonesia penulis berhasil menghinpun 20 buku judul. Adapun buku tafsir tarbawi di indonesia ini dilakukan bedasarkan tema. Tema-tema tersebut dipilih karena dianggap terkait dengan prinsip pendidikan agama.

Fajriani A Syukur said...

Nama : Fajriani A Syukur
Kelas : PBA 2B
Nim : 191032066


Istilah “Tafsir Tarbawi” sejatinya berasal dari dua kata, yaitu kata
“tafsir” dan “tarbawi.” Keduanya adalah kata serapan dari bahasa Arab,yaitu tafsīr (penjelasan [al-Qur’an]) dan tarbawī (pendidikan).Dari makna bahasa (etimologis) tersebut, secara sederhana bisa dipahami bahwa Tafsir Tarbawi adalah penjelasan (atas ayat-ayat suci al-Qur’an) terkait pendidikan. Tafsir Tarbawi adalah nama bagi sebuah mata
kuliah yang diajarkan di Fakultas Ilmu Tarbiyyah dan Keguruan,di perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Secara intrinsik, muncul dan adanya Tafsir Tarbawi ini sendiri sangat mungkin karena ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan atau secara implisit berbicara tentang pendidikan, baik materi maupun metode pengajarannya, jelas keberadaannya. Al-Qur’an memperkenalkan dirinya sebagai petunjuk (hudan) dan secara teknis dalam wahyu yang pertama turun yaitu Surat al-‘Alaq: 1-5,Allah memerintahkan manusia untuk membaca atau belajar.Hal ini jelas menunjukkan bahwa al-Qur’an sangat menekankan arti pentingnya
pendidikan. Dalam konteks Indonesia, istilah Tafsir Tarbawi diduga kuat
muncul sejak ia dijadikan sebagai nama mata kuliah di program studi atau jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi Islam di Indonesia. Tetapi sejauh pengetahuan penulis, buku pertama yang berjudul atau menggunakan istilah “Tafsir Tarbawi” (walaupun sebagai sub judul) adalah buku karya Abuddin Nata, seorang pakar pendidikan Islam UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta, yang berjudul Tafsir Ayat-ayat Pendidikan (Tafsir al-Ayat al Tarbawiyyah) (diterbitkan tahun 2002).
Perkembangan Tafsir Tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan Islam di Timur Tengah dan negara-negara Muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan Islam berbahasa Arab sudah ada sebelum karya-karya Tafsir Tarbawi tersebut.Selain itu, karya-karya pemikir pendidikan Timur Tengah (atau terjemahnya) tampak menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya-karya Tafsir Tarbawi. Di atas semua itu, seperti telah diutarakan di bab awal, rekomendasi konferensi
pendidikan di dunia Islam yang diselenggarakan di Mekah tahun 1977 terkait pengembangan konsep pendidikan Islam berdasarkan al-Qur’an, sangat mungkin telah mendorong kemunculan Tafsir Tarbawi ini.

Nur Afni Mokoagow said...

Nama :Nur Afni Mokoagow
Kelas:PBA 2B
NIM :191032089

A. Pengertian Tafsir Tarbawi
Definisi tafsir pendidikan adalah pengungkapan atau penjelasan ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan proses atau cara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengambangkan pengetahuan, atau potensi peserta didik melalui berbagai metode, sehingga menyebabkan potensi yang dimiliki peserta didik tersebut dapat tumbuh dengan produktif dan kreatif .
Istilah tafsir pendidikan (tafsi tarbawi) dapat diartikan sebagai tafsir yang menitikberatkan pada masalah tarbiyah dalam rangka membangun
peradaban yang sesuai dengan petunjuk dan spirit Alquran. Kedinian terminologi tafsir tarbawi yang diposisikan sebagai tafsir akan terlihat ketika materi yang disajikan oleh para akademisi tafsir sebagaimana yang ada dalam kurikulum.Antara ayat yang dicangkok, dengan topik yang direncanakan, masih banyak yang tumpang tindih.

B. Ruang Lingkup Tafsir Pendidikan
Tafsir pendidikan Islam adalah pendidikan yang merujuk pada nilai-nilai ajaran Islam yang menjadikan al-Qur’an sebagai sumber utamanya. Pendidikan sebagai ilmu yang mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, karena didalamnya banyak unsur-unsur yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Berdasarkan makna tafsir tarbawi secara khusus menekankan tema pendidikan islam, maka fungsi tafsir tarbawi adalah sebagai berikut:
1. Untuk meningkatkan pemahaman kita tentang pesan-pesan pendidikan yang terkandung dalam Alquran. Karena Alquran adalah referensi tertinggi dalam Islam.
2. Sebagai dasar keimanan yang merupakan nilai pengetahuan tertinggi.
3. Sebagai jembatan yang menghubungkan pesan-pesan Ketuhanan untuk ditangkap oleh manusia.
4. Sebagai sumber informasi tentang pendidikan yang belum pernah kita kenal sebelumnya berdasarkan Al-Qur'an.
5. Sebagai sumber pengajaran mutlak dalam pendidikan Islam.Untuk membedakan pengetahuan duniawi dari akhirat.
Karakteristik Tafsir Tabawi:
Berdasarkan dari beberapa poin dari uraian pemateri diatas menjelaskan bahwa tafsir adalah menyingkap, menjelaskan tentang sesuatu yang bersifat abstrak dan tarbawi berarti pendidikan. sedangkan kararteristik itu sendiri dapat diartikan sebagai ciri-ciri khusus atau mempunyai sifat khas sesuai dengan perwatakan tertentu. dilihat dari beberapa pemaparan materi yang telah jelaskan sebelumnya diatas dapat menyimpulkan karakteristik dari pada tafsir tarbawi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan.

Unknown said...

Nama: Rin paputungan
Kelas: PBA 2B
Nim: 191032078



A.Pengertian tafsir tarbawi

Secara bahasa, Tafsir Tarbawi merupakan perpaduan dari dua kata yaitu Tafsir dan Tarbawi. Tafsir menurut bahasa berarti menjelaskan, menyingkap dan menampakkan makna yang abstrak. Kata yang kedua yaitu Tarbawi yang berarti pendidikan yang mengandung makna pembimbingan, pengasuhan dan pemeliharaan.

B. Fungsi Tafsir Tarbawi

1. Untuk meningkatkan pemahaman kita tentang pesan-pesan pendidikan yang terkandung dalam Al-quran
2. Sebagai dasar keimanan yang merupakan nilai pengetahuan tertinggi
3. Sebagai jembatan yang menghubungkan pesan-pesan ketuhanan untuk ditangkap oleh manusia
4.Sebagai sumber informasi tentang pendidikan yang belum pernah kita kenal sebelumnya berdasarkan Al-quran
5. Sebagai sumber pengajaran mutlak dalam pendidikan islam
6. Untuk membedakan pengetahuan duniawi dan akhirat

C. Karakteristik Tafsir Tarbawi

Berdasarkan dari beberapa poin dari uraian diatas menjelaskan bahwa tafsir adalah menyikap dan Tarbawi berarti pendidikan. Sedangkan karakteristik itu sendiri dapat di artikan sebagai ciri-ciri khusus atau mempunyai sifat khas sesuai sesuai dengan perwatakan tertentu.Karakteristik dari pada tafsir tarbawi adalah segala sesuatu yang beehubungan dengan pendidikan.

Unknown said...

Nama: Rin paputungan
Kelas: PBA 2B
Nim: 191032078



A.Pengertian tafsir tarbawi

Secara bahasa, Tafsir Tarbawi merupakan perpaduan dari dua kata yaitu Tafsir dan Tarbawi. Tafsir menurut bahasa berarti menjelaskan, menyingkap dan menampakkan makna yang abstrak. Kata yang kedua yaitu Tarbawi yang berarti pendidikan yang mengandung makna pembimbingan, pengasuhan dan pemeliharaan.

B. Fungsi Tafsir Tarbawi

1. Untuk meningkatkan pemahaman kita tentang pesan-pesan pendidikan yang terkandung dalam Al-quran
2. Sebagai dasar keimanan yang merupakan nilai pengetahuan tertinggi
3. Sebagai jembatan yang menghubungkan pesan-pesan ketuhanan untuk ditangkap oleh manusia
4.Sebagai sumber informasi tentang pendidikan yang belum pernah kita kenal sebelumnya berdasarkan Al-quran
5. Sebagai sumber pengajaran mutlak dalam pendidikan islam
6. Untuk membedakan pengetahuan duniawi dan akhirat

C. Karakteristik Tafsir Tarbawi

Berdasarkan dari beberapa poin dari uraian diatas menjelaskan bahwa tafsir adalah menyikap dan Tarbawi berarti pendidikan. Sedangkan karakteristik itu sendiri dapat di artikan sebagai ciri-ciri khusus atau mempunyai sifat khas sesuai sesuai dengan perwatakan tertentu.Karakteristik dari pada tafsir tarbawi adalah segala sesuatu yang beehubungan dengan pendidikan.

Unknown said...

Nama: Rin paputungan
Kelas: PBA 2B
Nim: 191032078



A.Pengertian tafsir tarbawi

Secara bahasa, Tafsir Tarbawi merupakan perpaduan dari dua kata yaitu Tafsir dan Tarbawi. Tafsir menurut bahasa berarti menjelaskan, menyingkap dan menampakkan makna yang abstrak. Kata yang kedua yaitu Tarbawi yang berarti pendidikan yang mengandung makna pembimbingan, pengasuhan dan pemeliharaan.

B. Fungsi Tafsir Tarbawi

1. Untuk meningkatkan pemahaman kita tentang pesan-pesan pendidikan yang terkandung dalam Al-quran
2. Sebagai dasar keimanan yang merupakan nilai pengetahuan tertinggi
3. Sebagai jembatan yang menghubungkan pesan-pesan ketuhanan untuk ditangkap oleh manusia
4.Sebagai sumber informasi tentang pendidikan yang belum pernah kita kenal sebelumnya berdasarkan Al-quran
5. Sebagai sumber pengajaran mutlak dalam pendidikan islam
6. Untuk membedakan pengetahuan duniawi dan akhirat

C. Karakteristik Tafsir Tarbawi

Berdasarkan dari beberapa poin dari uraian diatas menjelaskan bahwa tafsir adalah menyikap dan Tarbawi berarti pendidikan. Sedangkan karakteristik itu sendiri dapat di artikan sebagai ciri-ciri khusus atau mempunyai sifat khas sesuai sesuai dengan perwatakan tertentu.Karakteristik dari pada tafsir tarbawi adalah segala sesuatu yang beehubungan dengan pendidikan.

Fajri Wulandari said...

Nama :Nur fajri wulandari
Kelas:PBA 2B
Nim :191032019

Istilah "Tafsir Tarbawi" berasal dari dua kata, yaitu kata“tafsir” dan “tarbawi.” Keduanya adalah kata serapan dari bahasa Arab,yaitu tafsīr (penjelasan [al-Qur’an]) dan tarbawī (pendidikan).Dari makna bahasa (etimologis) tersebut, secara sederhana bisa dipahami bahwa Tafsir Tarbawi adalah penjelasan (atas ayat-ayat suci al-Qur’an) terkait pendidikan. Frase tersebut kini bahkan sudah menjadi istilah dan memiliki makna teknis sebagai sebuah disiplin ilmu tertentu
(makna terminologis).
istilah Tafsir Tarbawi dapat diartikan sebagai tafsir yang menitikberatkan pada masalah
pendidikan (tarbiyyah) dalam rangka membangun peradaban yang sesuai dengan petunjuk dan spirit al-Qur’an.
Tafsir Tarbawi dalam pengertian yang pertama adalah nama dan materi perkuliahan atau (kemudian menjadi)buku yang berisi tafsiran atas beberapa (kumpulan) ayat al-Qur’an yang diyakini atau diangggap mengandung nilai-nilai pendidikan. Karena isi kandungannya itu
maka kemudian disebut tafsir “ayat ayat” pendidikan (Tafsir Ayat Ayat Pendidikan atau Tafsir Tarbawi). Istilah-istilah lain yang biasa digunakan untuk merujuk istilah Tafsir Tarbawi ini di antaranya: “Tafsir
Ayat-ayat Pendidikan,” “Tafsir Pendidikan,” “Pendidikan dalam al Qur’an,” “Pendidikan dalam perspektif al-Qur’an,” dan “Pembelajaran
dalam al-Qur’an”.
Sementara Tafsir Tarbawi dalam pengertian yang kedua adalah kajian tafsir al-Qur’an yang dengan sungguh-sungguh secara sistematis dan metodologis hendak menggali konsep pendidikan Islam dan seluruh komponen penunjangnya, mulai dari pengertian, tujuan, metode, media, sampai pada evaluasi dan manajemennya. Tafsir
Tarbawi dalam pengertian ini sangat terkait dengan dan terikat oleh
bidang ilmu tafsir (‘ulūm al-Qur’ān), karena kompetensi sang mufasir
dan metodologi yang digunakan harus memenuhi standar baku yang terdapat dalam ilmu tafsir tersebut.
Perkembangan Tafsir Tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan Islam di Timur Tengah dan negara-negara Muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan Islam berbahasa Arab sudah ada sebelum
karya-karya Tafsir Tarbawi tersebut.

Mahmudah said...

Nama : Mahmudah
Kelas : PBA 2/B
NIM : 191032003

Secara etimologi, “Tafsir Tarbawi” sejatinya berasal dari dua kata, yaitu kata
“tafsir” dan “tarbawi.” yaitu tafsīr (penjelasan [al-Qur’an]) dan tarbawī (pendidikan).
Secara istilah (terminologis), Tafsir Tarbawi adalah sebuah usaha (ijtihād) dalam bidang tafsir yang mencoba mendekati al-Qur’an dari perspektif pendidikan.

Karya-karya Tafsir Tarbawi di Indonesia. Dari hasil penelusuran atas karya-karya Tafsir Tarbawi yang ada di Indonesia, penulis berhasil menghimpun 20 judul buku. Buku Tafsir Ayat-ayat Pendidikan (Tafsir al-Ayat al-Tarbawiyyah) disusun sebagai referensi tafsir al-Qur’an terkait pendidikan Islam.

Tafsir Tarbawi Sebagai Karya Tafsir al-Qur’an.
Dalam konteks Tafsir Tarbawi sebagai karya tafsir al-Qur’an, di sini sumber data penafsiran Tafsir Tarbawi dilihat, apakah menggunakan al-Qur’an, Sunnah yang sahih, pendapat Sahabat dan Tabi’in yang
valid dan dapat dipertanggungjawabkan, kaidah Bahasa Arab yang disepakati mayoritas ahli bahasa, dan kaidah-kaidah yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
Metode adalah hal penting yang harus dilihat ketika kita ingin mengukur validitas sebuah penafsiran.

Penafsiran Ayat-ayat Pendidikan dalam Tafsir Tarbawi. Adapun ayat-ayat yang akan dikaji adalah ayat-ayat yang sering kali dikutip dan dibahas di buku-buku Tafsir Tarbawi, yaitu: QS. al-Fātiḥah [1]: 2 dan QS. al-‘Alaq [96]: 1-5.

Dalam pengembangan Ilmu Pendidikan Islam, Ahmad Munir mengatakan bahwa al-Qur’an (Tafsir Tarbawi) dapat berfungsi sebagai berikut: pertama, sebagai dasar keyakinan, di mana al-Qur’an adalah merupakan rujukan tertinggi; kedua, sebagai konfirmasi terhadap kebenaran yang diperoleh melalui pengetahuan eksploratif (explorative knowledge); ketiga, sebagai komplemen dan penyempurna pengetahuan yang diperoleh melalui usaha eksplorasi yang belum selesai; keempat, sebagai pengisi nilai (value filler) bagi pengetahuan ekploratif; dan kelima, sebagai perantara untuk menghubungkan antara pesan-pesan Ilahi dengan manusia.

Pembagian Tafsir Tarbawi di Indonesia
1. Tafsir Tarbawi Sebagai Buku Daras Tafsir Tarbawi
2. Tafsir Tarbawi Sebagai Kajian Khusus Tafsir

SriWahyuniMohamadPBA19 said...
This comment has been removed by the author.
Nadia Y.Gubali said...

Nama : Nadia Y.Gubali
Kelas: PBA 2B
Nim : 191032033

Kata tafsir (تفَْسِيْرْْ) adalah bentuk masdar dari kata فسَّرَْ (fassara) yang secara etimologis berarti )وَاْلِِظْهاَ رْ الَْكَشْ فْ mengungkap dan menampakkan). Kata tafsir juga berarti menerangkan sesuatu yang masih samar serta menyingkap sesuatu yang tertutup.
Dalam pendapat yang lain, kata tafsir ini diambil dari kata tafsiroh yang berarti suatu perkakas yang dipergunakan tabib untuk mengetahui penyakit orang lain.
Kebutuhan pengetahuan akan kitab suci (tafsir) dalam ilmu pendidikan didasarkan pada aspek-aspek berikut.
1.Tafsir sebagai basis keimanan yang merupakan pengetahuan tertinggi nilainya, dan terdasar kedudukannya dalam susunan pengetahuan manusia sebelum pengetahuan keilmuan yang lain.
2.Tafsir sebagai konfirmasi terhadap kebenaran yang diungkap dalam pengetahuan eksploratif. Artinya pengetahuan
keimanan (informatif) dalam pendidikan Islam dan pengetahuan ekploratif harus saling menguatkan dan membenarkan.
3.Tafsir berfungsi sebagai pelengkap dan penyempurna akan pengetahuan eksploratif yang belum tuntas. Artinya tafsir harus dapat memberi penjelasan tentang fenomena-fenomena yang tidak dapat dijelaskan oleh ilmu pengetahuan eksploratif.
4.Tafsir berfungsi sebagai pengisi nilai (value filler) terhadap pengetahuan eksploratif. Artinya tafsir dimaksudkan sebagai pengetahuan yang dapat mewarnai pengetahuan ekspolaratif agar tidak bebas nilai melalui penanaman nilai-nilai transenden dan etika/moral.
5.Tafsir berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan pesan-pesan ketuhanan agar dapat ditangkap oleh manusia. Dengan kata lain, tafsir merupakan sarana untuk memberikan kesan membumi (indegenous) terhadap pesan-pesan Ilahi yang bersifat suci dan transenden.

Rika Fatmawati said...

Nama : rika fatmawati
Kelas :PBA 2B
Jurusan : Pendidikan bahasa arab


Secara bahasa, Tafsir Tarbawi merupakan perpaduan dari dua kata yaitu Tafsir dan Tarbawi. Tafsir menurut bahasa berarti menjelaskan, menyingkap dan menampakkan makna yang abstrak. Kata yang kedua adalah Tarbawi yang berarti pendidikan yang mengandung makna pembimbingan, pengasuhan dan pemeliharaan. Tafsir adalah ilmu untuk memahami kitabullah yang diturunkan kepada Muhammad, menjelaskan maknanya serta mengeluarkan hukum dan hikmahnya.Pengertian tafsir secara istilah sebagai al-tarbiyah tidak ditemukan dalam al-Qur'an. Akan tetapi ditemukan bahwa al-Qur'an menggunakan kata-kata yang akar katanya mempunyai sumber derivasi yang sama dengan al-tarbiyah. Kata-kata yang dimaksud ialah al-rabb, rabbayani, nurabbi, ribbiy­n, rabbani. Demikian pula dalam hadis ditemukan penggunaan istilah rabbani. Meskipun kelihatannya semua istilah tersebut mempunyai pola akar kata yang sama, namun masing-masing mempunyai konotasi makna yang berbeda-beda.Dengan demikian dapat disimpulkan pengertian tafsir tarbawi sebagai metode memahami Al-Qur’an yang dilihat atau didekati dari sisi pendidikan dengan lebih memperhatikan gaya pendidikan dalam memberikan analisisnya. Sebagaimana dipahami bahwa al-Qur'an memiliki cakupan yang lengkap termasuk hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Oleh karena itu perlu untuk mencoba menjelaskan ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan tarbiyah dengan mendekati pendidikan sebagai media analisis.


Berdasarkan makna tafsir tarbawi secara khusus menekankan tema pendidikan islam, maka fungsi tafsir tarbawi adalah sebagai berikut:

1. Untuk meningkatkan pemahaman kita tentang pesan-pesan pendidikan yang terkandung dalam Alquran. Karena Alquran adalah referensi tertinggi dalam Islam.
Sebagai dasar keimanan yang merupakan nilai pengetahuan tertinggi.
2. Sebagai jembatan yang menghubungkan pesan-pesan Ketuhanan untuk ditangkap oleh manusia.
3. Sebagai sumber informasi tentang pendidikan yang belum pernah kita kenal sebelumnya berdasarkan Al-Qur'an.
4. Sebagai sumber pengajaran mutlak dalam pendidikan Islam.
Untuk membedakan pengetahuan duniawi dari akhirat.

NurAnisa Isima said...

Nama: Nuranisa A. Isima
Kelas: PBA 2B
Nim: 191032030

Tafsir Tarbawi yaitu kajian tafsir al-Qur'an secara sistematis dan metodologis yang menggali konsep pendidikan islam dan seluruh komponen penunjangnya, mulai dari pengertian, tujuan, metode, media, dll. Tafsir tarbawi sangat berkaitan atau terikat dengan bidang ilmu tafsir ('ulum Al-Qur'an). Dan perkembangan Tafsir Tarbawi tentu tidak pernah lepas dari pengaruh perspektif atau pemikiran pendidikan Islam di Timur tengah.
Seperti uraian di atas Tafsir mengandung arti 'Penjelasan' sedangkan Tarbawi mengandung arti 'Pendidikan'. Maka tafsir tarbawi ini menguraikan atau penjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan di indonesia. Di Indonesia juga terdapat buku-buku yang menyangkut dengan tafsir tarbawi.
Ada 2 paradigma yang mendasari penyusunan buku-buku tafsir tarbawi di indonesia:
1. Paradigma Al-Qur'an sebagai pemberi nilai pendidikan Islam, dan
2. Paradigma Al-Qur'an sebagai sumber ilmu pendidikan Islam atau Tafsir tarbawi sebagai usaha dalam Rangka mencari dan merumuskan ilmu pendidikan islam.

Nadifa Gubali said...

Nama: Nadifa Y. Gubali
Kelas: PBA 2B
Nim: 191032032
Secara etimologis kata tafsir adalah digunakan untuk menunjukkan maksud (menjelaskan, mengungkap, menerangkan) suatu masalah yang masih kabur, samar dan belum jelas.
Tafsir tarbawi yang merupakan ijtihad
akademisi di bidang tafsir, berupaya
mendekati Alquran melalui sudut pandang
pendidikan.Baik dari segi teoretik maupun
praktik, sehingga diharapkan paradigma
pendidikan dapat dilandaskan kepada kitab
suci, dan petunjuk kitab suci mampu
diimplementasikan sebagai dasar pendidikan.
Tafsir dalam wacana keilmuan sebenarnya
tidak jauh berbeda dengan disiplin ilmu
lainnya. Hanya saja sebagian masyarakat
masih memberikan perhatian yang lebih
dibanding dengan yang lain. Sehingga upaya
dan terobosan penyegaran pemahaman kitab
suci, kadang-kadang justeru difahami sebuah
pendangkalan.Kondisi ini kalau dicermati
wajar, karena dalam pembagian corak
tafsirpun dibedakan antara tafsir bi al-ma’tsur
dan tafsir bi al-ra’yi.Tafsir bi al-ma’tsur
dianggap tafsir yang paling autentik,
sementaratafsir bi al-ra’yi dianggap masih
membawa banyak masalah yang harus
diselesaikan.
Dengan demikian upaya pemahaman
Alquran yang diyakini keuniversalannya telah
memunculkan berbagai terminologi yang
berkaitan dengan pemahaman Alquran.
Hadirnya terminology Tafsir Tarbawi dalam
hal ini merupakan sebuah metode pemahaman
kitab suci (tafsir) yang dilihat dari sisi
pendidikan dengan lebih memperhatikan corak
pendidikan dalam memberikan analisisnya.

Mardhatillah Gede Mokoginta said...

Nama : Mardhatillah Gede Mokoginta
NIM :191032061
Kelas :PBA 2B

Tafsir ialah ilmu yang membahas tentang cara, pengucapan, lafadz-lafadz, al-qur'an, tentang petunjuk petunjuk hukum hukumnya baik ketik beridiri sendiri, maupun ketik tersusun dan makna-makna yang dimungkinkan baginya tersusun serta hal-hal yang melengkapinya.

Metode tafsir tarbawi:
1. Metode tahliliy
2. Metode ijmali
3. Metode muqaran
4. Metode maudhu'i

Tafsir ialah menyingkap, menjelaskan sesuatu yang bersifat abstrak dan tarabawi berarti pendidikan. Sedangkan karakteristik itu sendiri dapat diartikan sebagai ciri ciri khusus yang mempunyai sifat khas sesuai denga perawatakan tertentu.

Yeyen H. Agu said...

Nam : Yeyen H.Agu
Kelas : PBA 2B
Nim : 191032031

Menurut istilah tafsir tarbawi "sejatinya berasal dari dua kata yaitu "tafsir" dan tarbawi." Keduanya adalah kata serapan dari bahasa Arab, yaitu tafsir (penjelasan Al Qur'an) dan tarbawi (pendidikan). Dari makna bahasa tafsir tarbawi adalah penjelasan (atas ayat-ayat suci Al Qur'an) terkait pendidikan.
Secara istilah (terminologis),tafsir tarbawi memiliki dua pengertian. pertama tafsir tarbawi adalah nama bagi sebuah mata yang diajarkan di fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan,di perguruan tinggi di Indonesia, khususnya di jurusan program studi pendidikan agama Islam,(PAI), sebagai pengayaan terhadap kurikulum lokal atau kurikulum nasional.
Dapat di artika sebagai tafsir yang menetikberatkan pada masalah pendidikan (tarbiyah) dalam rangka membangun peradaban yang sesuai dengan petunjuk paradigma dan konsep pendidikan berdasarkan kitab suci yang bisa diimplementasikan sebagai nilai-nilai dasar dalam pendidikan.
Secara instritik,muncul adanya tafsir tarbawi ini sendiri sangat mungkin karena ayat-ayat Al Qur'an berkaitan dengan atau secara implisit berbicara tentang pendidikan,baik materi maupun metode pengajarannya,jelas keberadaannya.
Dalam menyusun karya tafsirnya tersebut,al-baz menempuh metode (langkah-langkah sebagai berikut). Tetap mempertahankan sistematika mushaf Al-Qur'an (mushaf Madinah),sehingga ada dua tampilan, yaitu ada dua mushaf Al-Qur'an dan tafsirnya.
Dalam konteks indonesia, istilah tafsir tarbawi diduga kuat muncul sejak ia di jadikan sebagai mata kuliah di program studi atau jurusan tinggi Islam di Indonesia.Tetapi sejauh pengetahuan penulis buku pertama yang berjudul atau menggunakan istilah tafsir tarbawi "(walaupun sebagai sub judul) adalah buku karya Abuddin Nata, seorang pakar pendidikan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang berjudul tafsir ayat pendidikan (tafsir al-ayat tarbawiyah)
Dari hasil penulisan atas karya-karya tafsir tarbawi yang ada di Indonesia, penulis berhasil menghimpun 20 judul buku. Karya-karya tersebut adalah 1.tafsir ayat pendidikan (tafsir al-ayat al-tarbawiy)
2.tafsir ayat-ayat pendidikan:hati yang selamat hingga kisah Luqman karya nurwadjah Ahmad E.Q

fauziaGani (tafsir tarbawi) said...

Nama: Fauzia Gani
Kelas:PBA 2B
NIM.:191032046

Tafsir tarbawi secara etimologis adalah kata dari bahasa arab yang terdiri dari dua kata yaitu tafsir dan tarbawi. Kata tafsir dapat diartikan sebagai penjelasan al-quran dan tarbawi yaitu pendidikan. Secara sederhana tafsir tarbawi adalah penjelasan atas ayat-ayat suci al-quran yang terkait dengan pendidikan.

Dalam konteks Indonesia, istilah tafsir Tarbawi diduga kuat muncul sejak ia dijadikan sebagai nama mata kuliah di program studi atau jurusan Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi islam di Indonesia.
Perkembangan Tafsir Tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan Islam di Timur Tengah dan negara-negara Muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan Islam berbahasa Arab sudah ada sebelum karya-karya Tafsir Tarbawi tersebut. Selain itu, karya-karya pemikir pendidikan Timur Tengah tampak menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya-karya Tafsir Tarbawi.

Mardhatillah Paputungan said...

Nama : Mardhatillah paputungan
Nim : 191032025
Kelas: PBA 2A

"Analisis tafsir tarbawi yang ada di indonesia"


Kata tafsir (تفسير) adalah bentuk masdar dari kata (فسر) yang secara etimologis berarti (والاظهار، الكشف) yang artinya mengungkap,dan menampakkan dengan kata lain tafsir adalah menjelaskan,mengungkap,dan menerangkan suatu masalah yang masih kabur, samar, dan belum jelas. Sedangkan tarbawi adalah proses penyampaian sesuatu yang di lakukan secara tahap demi tahap. Demikian dapat di simpulkan bahwa tafsir tarbawi adalah suatu metode atau cabang ilmu yang mengedepankan masalah tarbiyah(p

Mardhatillah Paputungan said...

Nama : Mardhatillah paputungan
Nim : 191032025
Kelas: PBA 2A

Bismillah hirrohma nirrohim

"Analisis tafsir tarbawi di indonesia"

Kata tafsir (تفسير) adalah bentuk masdar dari kata فسر yang secara etimologis berarti (والاظهار الكشف) yang artinya mengungkap dan menampakkan. Dengan kata lain tafsir adalah menjelaskan,mengungkap dan menerangkan suatu masalah yang masih kabur,samar,dan belum jelas. Sedangkan tarbawi adalah proses penyampaian sesuatu yang di lakukan secara tahap demi tahap.
Demikian dapat di simpulkan bahwa tafsir tarbawi adalah suatu metode atau cabang ilmu yang mengedepankan masalah tarbiyah (pemdidikan islam) untuk membangun peradaban sesuai dengan petunjuk Al-Quran.
di samping itu ada beberapa fungsi dari tafsir tarbawi salah satunya adalah :
1. Sebagai jembatan yang menghubungkan pesan-pesan ketuhanan agar dapat di tangkap oleh akal pikiran manusia,dengan kata lain tafsir yaitu sarana untuk memberikan kesan terhadap pesan-pesan ilahi yang bersifat suci.

Nah tafsir telah lazim di gunakan untuk memahami Al-Quran dengan berbagai corak dan jenisnya dan telah menghasilkan berbagai karya.
nah muncullah pendekatan dalam memahami Al-Quran dengan menggunakan pendekatan pendidikan yang di ijtihadkan namanya dengan "TAFSIR TARBAWI"
Demikian dapat di analisa bahwa tafsir tarbawi yang ada di indonesia lebih mengedepankan masalah pendidikan islam di maksudkan agar kita sebagai para penuntut ilmu mampu mendekati dan memahami Al-Quran melalui berbagai sudut pandang terutama dalam hal pendidikan baik secara teori maupun praktik dan dapat mengaplikasikan nya dalam pendidikan yang nyata.

Demikian dari saya

Syukran

SriWahyuniMohamadPBA19 said...

Nama: Sri wahyuni Mohamad
NIM: 191032024
Kelas: PBA 2B

Tafsir Tarbawi terdiri dari dua kata yaitu "Tafsir" dan "Tarbawi". Sangat menarik di kaji karena menggabungkan dua pokok pembahasan menjadi disiplin ilmu yang baru dan unik. Yakni mengenai Tarsir (penjelasan mengenai ayat-ayat Al- Qur'an) dan Tarbiyah(pendidikan). Dapat juga dipahami sebagai ijtihat dari akademisi tafsir yang berupaya untuk mendekati Al-Qur'an melalui sudut pandang pendidikan, baik dari segi teori maupun praktek. Ijtihat ini diharapkan dapat mewacanakan paradigma tentang konsep pendidikan yang dilandaskan kepada kitab suci dan mampu di implementasikan sebagai nilai-nilai dasar dari pendidikan.
Tafsir Tarbawi di Indonesia, di asumsikan populer sejak dijadikan salah satu mata kuliah di Jurusan/Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi Islam. Abuddin Nata adalah orang yang pertama kali menyusun buku Tafsir Tarbawi di Indonesia, yang berjudul Tafsir Ayat-ayat Pendidikan (Tafsir al-Ayat al-Tarbawiyyah) pada tahun 2002. Kemudian buku tersebut menjadi bahan ajar bagi mata kuliah Tafsir Tarbawi.

Ibnu Rawandhy N. Hula said...

Terima Kasih atas Tanggapan masing-masing, moga setelah membaca buku tentang tafsir ini, dapat menambah pengetahuan dan informasi tentang tafsir tarbawi di Indonesia

Apriana said...

Nama : Apriana
Nim : 191032001
Kelas : PBA 2C

Secara bahasa, Tafsir Tarbawi merupakan perpaduan dari dua kata yaitu Tafsir dan Tarbawi. Tafsir menurut bahasa berarti menjelaskan, menyingkap dan menampakkan makna yang abstrak. Kata yang kedua adalah Tarbawi yang berarti pendidikan yang mengandung makna pembimbingan, pengasuhan dan pemeliharaan. Tafsir adalah ilmu untuk memahami kitabullah yang diturunkan kepada Muhammad, menjelaskan maknanya serta mengeluarkan hukum dan hikmahnya.

al-Tarbiyah adalah proses pembinaan dan pengembangan potensi manusia melalui pemberian berbagai petunjuk, sehingga menyebabkan potensi yang dimiliki manusia dapat tumbuh dengan produktif dan kreatif tanpa menghilangkan etika Ilahi yang telah ditetapkan dalam wahyu-Nya.

Dengan demikian dapat disimpulkan pengertian tafsir tarbawi sebagai metode memahami Al-Qur’an yang dilihat atau didekati dari sisi pendidikan dengan lebih memperhatikan gaya pendidikan dalam memberikan analisisnya. Sebagaimana dipahami bahwa al-Qur'an memiliki cakupan yang lengkap termasuk hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

Berdasarkan makna tafsir tarbawi secara khusus menekankan tema pendidikan islam, maka fungsi tafsir tarbawi adalah sebagai berikut:

Untuk meningkatkan pemahaman kita tentang pesan-pesan pendidikan yang terkandung dalam Alquran. Karena Alquran adalah referensi tertinggi dalam Islam.
Sebagai dasar keimanan yang merupakan nilai pengetahuan tertinggi.
Sebagai jembatan yang menghubungkan pesan-pesan Ketuhanan untuk ditangkap oleh manusia.
Sebagai sumber informasi tentang pendidikan yang belum pernah kita kenal sebelumnya berdasarkan Al-Qur'an.
Sebagai sumber pengajaran mutlak dalam pendidikan Islam.
Untuk membedakan pengetahuan duniawi dari akhirat.

MISRAWATI said...

Nama:Misrawati
kelas:PBA1C
Nim:191032080
Pengertian tafsir secara istilah sebagai al-tarbiyah tidak ditemukan dalam al-Qur'an. Akan tetapi ditemukan bahwa al-Qur'an menggunakan kata-kata yang akar katanya mempunyai sumber derivasi yang sama dengan al-tarbiyah. Kata-kata yang dimaksud ialah al-rabb, rabbayani, nurabbi, ribbiyn, rabbani. Demikian pula dalam hadis ditemukan penggunaan istilah rabbani. Meskipun kelihatannya semua istilah tersebut mempunyai pola akar kata yang sama, namun masing-masing mempunyai konotasi makna yang berbeda-beda.
Kumpulan Makalah

Kumpulan Berbagai Jenis Referensi Makalah dan Inspirasi Serta Kumpulan Artikel Penting dan Bermanfaat

AgamaEkonomiFilsafatHukumSejarahPendidikan

Lainnya

 Home  Agama  Tafsir Tarbawi : Pengertian, Fungsi, dan Karakteristiknya

Tafsir Tarbawi : Pengertian, Fungsi, dan Karakteristiknya

Tafsir tarbawi merupakan ijtihad dari akademisi di perguruan tinggi Islam untuk meningkatkan kurikulum yang ada di sana. Keberadaannya sebagai bagian dari tafsir yang berdiri sendiri secara independen masih belum cukup untuk memenuhi persyaratan. Masih ada berbagai syarat yang harus dipenuhi agar bisa disebut tafsir.

Selain itu, masih ada masalah dalam penggunaan istilah tafsir tarbawi. Apakah itu dianggap sebagai disiplin ilmu secara independen atau hanya metode pendekatan atau lebih khusus adalah gaya atau model tafsir yang dikondisikan sesuai dengan kebutuhan. Di sini nampaknya masih banyak masalah seputar terminologi tafsir tarbawi sebagai istilah baru dalam dunia pendidikan.

Pengertian Tafsir Tarbawi

Secara bahasa, Tafsir Tarbawi merupakan perpaduan dari dua kata yaitu Tafsir dan Tarbawi. Tafsir menurut bahasa berarti menjelaskan, menyingkap dan menampakkan makna yang abstrak. Kata yang kedua adalah Tarbawi yang berarti pendidikan yang mengandung makna pembimbingan, pengasuhan dan pemeliharaan. Tafsir adalah ilmu untuk memahami kitabullah yang diturunkan kepada Muhammad, menjelaskan maknanya serta mengeluarkan hukum dan hikmahnya
Pengertian tafsir secara istilah sebagai al-tarbiyah tidak ditemukan dalam al-Qur'an. Akan tetapi ditemukan bahwa al-Qur'an menggunakan kata-kata yang akar katanya mempunyai sumber derivasi yang sama dengan al-tarbiyah. Kata-kata yang dimaksud ialah al-rabb, rabbayani, nurabbi, ribbiyn, rabbani. Demikian pula dalam hadis ditemukan penggunaan istilah rabbani. Meskipun kelihatannya semua istilah tersebut mempunyai pola akar kata yang sama, namun masing-masing mempunyai konotasi makna yang berbeda-beda.
Apabila istilah al-tarbiyah dilacak maknanya dari kata al-rabb, maka ditemukan berbagai konotasi makna yang diketengahkan oleh para pakar bahasa sebagai berikut :
Louis Ma’luf, mengartikan al-Rabb sebagai pemilik, memperbaiki, perawatan, tambah, mengumpulkan, dan memperindah.Abi Abdillah Muhammad bin Ahmad al-An،bari al-Qurthubi memberikan arti al-rabb dengan pemilik, tuan, Maha Memperbaiki, Maha Pengatur, Maha Menambah, dan Maha Menunaikan. Pengertian tersebut merupakan interpretasi dari kata al-rabb dalam surah al-fatihah, yang merupakan nama dari nama-nama Allah Swt.Imam Fakhruddin al-Razi berpendapat bahwa al-rabb merupakan kata yang seakar dengan al-tarbiyah yang mempunyai makna al-tanmiyah yang berarti pertumbuhan dan perkembangan.




 

Zainab Husain said...

Nama : Zainab Husain
Nim : 191032040
Kelas : PBA 2A

Bissmillah hirrohma nirrohim

"Analisis Tafsir Tarbawi di Indonesia"

Secara bahasa, Tafsir Tarbawi merupakan perpaduan dari dua kata yaitu Tafsir dan Tarbawi. Tafsir menurut bahasa berarti menjelaskan, menyingkap dan menampakkan makna yang abstrak. Kata yang kedua yaitu Tarbawi yang berarti pendidikan yang mengandung makna pembimbingan, pengasuhan dan pemeliharaan.
Tafsir Tarbawi merupakan sebuah usaha (ijtihād) dalam bidang tafsir
yang mencoba mendekati al-Qur’an dari perspektif pendidikan. Tafsir
Tarbawi bisa dimaknai sebagai sebuah metode memahami al-Qur’an
dengan menekankan aspek-aspek pendidikan dalam analisisnya.
Istilah tafsir telah digunakan untuk memahami al-qur'an dengan berbagai corak dan jenisnya. Namun metode yang digunakan telah menghasilkan berbagai karya. Dalam dunia pendidikan, tafsir tidak pernah luput dari pengajarannya.
Perkembangan tafsir tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan Islam di Timur Tengah dan negara-negara muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan Islam berbahasa Arab sudah ada sebelum karya-karya tafsir tarbawi tersebut. Selain itu, karya-karya pemikir pendidikan Timur Tengah (atau terjemahnya) tampak menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya-karya tafsir tarbawi.

Demikian dari saya, Terima Kasih

Unknown said...

Nama:Luthfiannisa Abdullah
Nim :191032050
Klas:PBA 2A

Secara bahasa Tafsir Tarbawi merupakan perpaduan dari dua kata yaitu Tafsir yang berarti menjelaskan, menyingkap, dan menampakan makna yang abstrak. Sedangkan Tarbawi berarti pendidikan yang mengandung makna pembimbingan, pengasuhan dan pemeliharaan.
Secara istilah Tafsir Tarbawi adalah sebuah ijtihad dari para akademisi dalam bidang Tafsir yang mencoba mendekati Al-qur'an dari perspektif pendidikan. Tafsir Tarbawi juga bisa di maknai sebagai sebuah metode memahami Al-qur'an dengan menekankan aspek-aspek pendidikan dalam analisisnya.
Istilah Tafsir Tarbawi di indonesia muncul sejak Ia di jadikan sebagai sebuah mata kuliah yang di ajarakan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, di Perguruan tinggi di Indonesia. Perkembangan Tafsir Tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pendidikan Islam di Timur tengah dan Negara- negara Muslim lainnya.

Nikma Abdjul said...

Nama:Nikma S. Abdjul
Kelas:PBA 2A
NIM :191032027

Tafsir tarbawi merupakan ijtihad akademisi tafsir,berupaya mendekati Al-Qur'an melalui sudut pandang pendidikan,baik dari segi teoritik maupun praktek.Kata Tafsir dalam bentuk masdar dari kata فسر (Fassara)yang secara etimologis berarti (والاظهار الكشف mengungkapkan dan menampakkan).Kata Tafsir juga berarti menerangkan sesuatu yang masih samar serta menyingkap sesuatu yang tertutup.Dalam kaitannya dengan kata,Tafsir berarti menjelaskan makna kata yang sulit dipahami sehingga kata tersebut dapat dipahami maknanya.
Dengan demikian,secara etimologis kata tafsir adalah digunakan untuk menunjukkan maksud(menjelaskan,mengungkapkan dan menerangkan)suatu masalah yang masih kabur,samar,dan belum jelas.Berdasarkan pengertian etimologis tersebut dapat dipahami bahwa suatu kata tidak dapat dikatakan telah mengalami proses penafsiran jika tidak terdiri dari kata yang masih samar dan belum jelas maknanya.Istilah Tafsir telah lazim digunakan untuk memahami Al-Qur'an dengan berbagai corak dan jenisnya.Namun setelah sekian lama ilmu dan metode tersebut digunakan dan telah menghasilkan karya ternyata masih terfokus pada corak dan ragam tertentu,seperti bahasa,hukum,tasawuf,dan lain-lain.Dalam dunia pendidikan Islam,Tafsir tidak pernah luput dari pengajarannya.Namun ada pertanyaan yang mendasar mengapa dalam pendidikan Islam yang mengajarkan tafsir tidak ada yang membahas tentang tafsir Al-Qur'an hanya berbasis pada kontruks teori pendidikan.dari pertanyaan ini muncul tawaran pendekatan dalam memahami Al-Qur'an dengan menggunakan pendekatan pendidikan yang diijtihadkan dengan nama tafsir tarbawi.

Siti Nur Muthiah Suronoto said...

Siti Nur Muthi'ah Suronoto
PBA 2c



Istilah tafsir tarbawi berasal dari dua kata yaitu kata tafsir dan tarbawi. Keduanya adalah kata serapan dari bahasa arab , yaitu tafsir artinya penjelasan (alquran) dan tarbawi artinya pendidikan. Dari makna bahasa tersebut bias dipahami bahwa tafsir tarbawi adalah penjelasan (atas ayat-ayat suci alquran) terkait pendidikan.
Secara istilah , tafsir tarbawi memiliki dua pngertian. Pertama, tafsir tarbawi adalah nama bagi sebuah mata kuliah yang diajarkan di fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan diperguruan tinggi islam di Indonesia khususnya di program studi pendidikan agama islam (PAI). Dan kedua, tafsir tarbawi merupakan sebuah usaha (ijtihad) dalam bidag tafsir yang mencoba mendekati alquran dari perspektif pendidikan dalam analisisnya.
Di Indonesia istilah tafsir tarbawi diduga kuat muncul sejak ia dijadikan sebagai nama mata kuliah di program studi PAI di perguruan tinggi islam di Indonesia. Buku pertama yang muncul yaitu buku karya abuddin Nata, seorang pakar pendidikan islan UIN syarif hidayatullah Jakarta, yang berjudul tafsir ayat-ayat pendidikan (tafsir al-ayat al-tarbawiyyah) (diterbitkan tahun 2002)
Perkembangan tafsir tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan islam di Timur Tengah dan Negara-negara muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan islam berbahasa Arab sudah ada sebelum karya-karya tafsir tarbawi tersebut. Selain itu, karya-karya pemikir pendidikan Timur Tengah tampak menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya-karya tafsir tarbawi . Di atas semua itu, rekomendasi konferensi pendidikan di dunia islam yang diselenggarakan di Mekkah tahun 1977 terkait pengembangan konsep pendidikan islam berdasarkan alquran, sangat mungkin telah mendorong kemunculan tafsir tarbawi ini.


Tafsir tarbawi said...

Nama: ista mamonto
Nim: 191032048
Kelas: PBA 2A


Istilah tafsir tarbawi berasal dari dua kata, tafsir dan tarbawi. Tafsir secara etimologi adalah penjelasan Al-qur'an sedangkan tarbawi adalah pendidikan. Jadi tafsir tarbawi dapat diartikan sebagai penjelasan dari ayat-ayat suci Al-qur'an yang terkait dengan pendidikan. Secara terminologi tafsir tarbawi adalah sebuah ijtihad dari para akademisi yang ada di perguruan tinggi islam untuk menyempurnakan kurikulum yang ada pada perguruan tinggi islam.

Tafsir tarbawi pada hakikatnya merupakan upaya untuk mendekatkan pemahaman akan kandungan Al-qur'an dari aspek kependidikan, atau dengan kata lain upaya memahami implikasi ayat-ayat Al-qur'an dari sisi kependidikan. Upaya memehami pesan-pesan Al-qur'an dalam sebaran ayat-ayatnya itulah hakikat tafsir sehingga dapat dimengerti betapa pentingnya tafsir tarbawi itu.

Aldi said...

Nama: Moh.Aldi Fitrah
Kelas: PBA 2C
NIM: 191032057

Bissmillahirrahmanirahim...

Tafsir Tarbawi secara bahasa terdiri dari dua kata yaitu Tafsir dan Tarbawi. Kata Tafsir adalah bentuk masdar dari kata Fassara yang artinya mengungkap dan menampakan. Tafsir pula bisa diartikan menerangkan sesuatau yang masih samar serta menyingkap sesuatu yang tertutup.

Sementara Tarbawi adalah kata serapan yang diambil dari bahasa Arab yaitu Tarbiyah (Pendidikan). al-Tarbiyah didefinisikan oleh beberapa para ahli,salah satunya seperti Muhammad Jamaluddin al-Qasimi ia berpendapat bahwa al-Tarbiyah adalah proses penyampaian sesuatu sampai pada batas kesempurnaan yang dilakukan secara tahap demi tahap.

Berdasarkan pengertian diatas tersebut Tafsir Tarbawi dapat diartikan sebagai tafsir yang menitik beratkan pada masalah tarbiyah dalam rangka membangun peradaban yang sesuai dengan petunjuk dan spirit Al-quran.

ada pertanyaan-pertanyaan mendasar diluar sana seperti, mengapa dalam pendidikan Islam tidak ada yang membahas tafsir Al-quran berbasis pada kontruks teori pendidikan. Dari pertanyaan ini muncullah tawaran pendekatan dalam memahami Al-quran dengan mengunakan pendekatan pendidikan yang diijtihadkan namanya dengan Tafsir Tarbawi. Maka berkembanglah Tafsir Tarbawi di Indonesia yang dijadikan salah satu mata kuliah, disiplin Ilmu dan wadah kajian dalam institut perguruan tinggi, seperti IAIN, STAIN, PTAI dan lain sebagainya khusunya Fakultas atau Jurusan Tarbiyah

Nursiyah Kadullah said...

Nama:Nursiyah F. Kadullah
Kelas: 2C
NIM:191032052

Secara bahasa,Tafsir Tarbawi merupakan perpaduan dari dua kata yaitu Tafsir dan Tarbawi.
Tafsir menurut bahasa berarti menjelaskan dan menampakkan makna yang abstrak.
Kata yang kedua adalah Tarbawi yang berarti pendidikan yang mengandung makna pembibingan,pengasuhan,dan pemeliharaan.
Maka tafsir adalah ilmu untuk memahami kitabullah,yang di turunkan kepada nabi Muhammad,menjelaskan maknanya serta mengeluarkan hukum dan hikmahnya.
Tafsir Tarbawi sebagai metode memahami Al-Qur'an yang di lihat atau di dekati dari sisi pendidikan dalam memberikan analisisnya.
Seperti yang kita pahami bersama bahwa Al-Qur'an memiliki cakupan yang lengkap termasuk hal hal yanv berkaitan dengan pendidikan.
Nah Adapun Fungsi dari Tafsir Tarbawi ini adalah:
1.Untuk meningkatkan pemahaman kita tentang pesan pesan pendidikan yang terkandung dalam Al-Qur'an.
2.Sebagai dasar keimanan yang merupakan nilai pengetahuan tertinggi.
3.Sebagai Jembatan untuk menghubungkan pesan pesan ketuhanan untuk di tangkap oleh manusia.
4.Sebagai Sumber informasi tentang pendidikan yang belum pernah kita kenal sebelumnya berdasarkan Al-Qur'an.
5.Sebagai sumber pengajaran mutak dalam pendidikan islam
6.Untuk membedakan pengetahuan duniawi dan akhirat.
Maka dapat di simpulkan bahwa tafsir Tarbawi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan

Deefa Augista Amrain said...

Nama : Deefa Augista Amrain
Kelas : PBA 2 C
NIM : 191032076

Istilah “Tafsir Tarbawi” sejatinya berasal dari dua kata, yaitu kata “tafsir” dan “tarbawi.” Keduanya adalah kata serapan dari bahasa Arab, yaitu tafsir (penjelasan) dan tarbawi (pendidikan). Dari makna bahasa (etimologis) tersebut, secara sederhana bisa dipahami bahwa Tafsir Tarbawi adalah penjelasan (atas ayat-ayat suci al-Qur’an) terkait pendidikan.

Secara istilah (terminologis), Tafsir Tarbawi merupakan sebuah usaha (Ijtihad) dalam bidang tafsir yang mencoba mendekati al-Qur’an dari perspektif pendidikan. Tafsir Tarbawi bisa dimaknai sebagai sebuah metode memahami al-Qur’an dengan menekankan aspek-aspek pendidikan dalam analisisnya.

Dalam konteks Indonesia, istilah Tafsir Tarbawi diduga kuat muncul sejak ia dijadikan sebagai nama mata kuliah di perguruan-perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Perkembangan Tafsir Tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan Islam di Timur Tengah dan negara-negara Muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan Islam berbahasa Arab sudah ada sebelum karya-karya Tafsir Tarbawi tersebut. Selain itu, karya-karya pemikir pendidikan Timur Tengah (atau terjemahnya) tampak menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya-karya Tafsir Tarbawi. Di atas semua itu, terkait pengembangan konsep pendidikan Islam berdasarkan al- Qur’an, sangat mungkin telah mendorong kemunculan Tafsir Tarbawi ini khususnya di Indonesia.

Unknown said...

Nama : Zulkarnain Rivai
Kelas : PBA 2C
NIM :191032069
Menurut istilah tafsir tarbawi berasal dari dua kata yaitu tafsir dan tarbawi. Keduanya adalah kata serapan dari bahasa arab yaitu tafsir (penjelasan Al-qur’an) dan tarbawi (pendidikan). Kata tarbawi adalah adala bentuk masdar dari kata rabba, yurabbi, tarbiyyah (tarbawi), yang diterjemahkan kedalam bahasa indonesia menjadi pendidikan. Secara etimologis adalah penjelasan atas ayat-ayat suci al-qur’an terkait pendidikan. Secara terminologis tafsir tarbawi memilliki dua pengertian pertama, tafsir tarbawi adalah nama bagi sebuah mata kuliah yang di ajarkan di fakultas ilmu tarbiyyah. kedua adalah merupakan sebuah usaha dalam bidang tafsir yang mencoba mendekati al qur’an dari perspektif pendidikan. Menurut badruzzaman m. Yunus tafsir tarbawi dapat diartikan sebagai tafsir yang menitik beratkan pada masalah pendidikan dalam rangka membangun peradaban yang sesuai dngan petunjuk dan spirit al-qur’an. Tujuan usaha ini adalah untuk mengembangkan paradigma dn konsep pendidikan brdasarkan kitab suci al-qur’an yang bisa mengimplementasikan sebagai nilai-nilai dasar dalam pendidikan.

nnnnnn said...


NAMA: FIRMAN SALIKO
KELAS : PBA 2C
NIM :101932074

Tafsir adalah menjelaskan makna kata atau makna sesuatu yang belum jelas atau yang masih samar, tafsir diambil dari kata tafsiroh yang berarti sesuatu yang di gunakan para tabib pada jaman dahulu untuk mengetahui suatu penyakit yang ada pada diri pasienya. Tafsir berasal dari kata فسر yang secara bahasa berarti mengungkapkan atau menampakan sesuatu yang masih samar. Sedangkan tarbiyah atau tarbawi beberapa ahli berpendapat seperti Mustafa al-Ghulayani berpendapat bahwa al-tarbiyah adalah penanaman etika yang mulia pada jiwa anak yang sedang tumbuh dengan cara memberi petunjuk dan nasehat.
Jadi tafsir tarbawi adalah tafsir pendidikan yang di buat hanya untuk memenuhi suatu kurikulum local atau kurikulum Nasional di Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI). Dengan harapan bahwa jurusan tarbiyah mampu mempersiapkan pendidik dalam wilayah pendidikan islam.



Kamal Kikuk said...

Nama:Ahmad Kamalludin
Kelas:PBA 2C
NIM:191032013

Kata tafsir تفسير adalah bentuk masdar dari kata fassara فسر yang secara etimologis yang berarti mengungkap atau menerangkan sesuatu yang masih samar serta menyingkap seauatu yang terrutup. Dalam kaitanya dengan kata tafsir berarti menjelaskan makna yang sulit dipahami sehingga kata tersebut bisa dipahami maknanya. Dalam pendapat yang lain, kata tafsir ini diambil dari kata tafsiroh yang berarti suatu perkakas yang digunakan tabib untuk mengetahui penyakit orng lain.
Dengan demikian, secara etimologis kata tafsir digunakan untuk menunjukan maksud (menjelaskan,mengungkap,menerangkan)suatu masalaha yg kabur, samar dan belum jelas.

Berdasarkan pengertian etimologis teesebut dapat dipahami suatu kata tidak dapat dikatakan telah mengalami proses penafsiran jika tidak terdiri dari kata yang belum jelas maknanya. Sesuatu dapat dikatan telah mengalami proses penafsiran jika seseorang telah berusaha dan bersungguh sungguh untuk mengungkap sesuatu yang belum jelas dan samar atau rancu.

Sedangkan kata tarbiyah secara leksikal tidak ditemukan dalam alquran. Akan tetapi alquran mempergunakan kata kata yang akar katanya memounyai sumber derivasi (istisqaq) yang sama dengan altarbiyah. Kata kata yang dimaksud ialah, al-rabb, rabbayani,nurabbi,ribbin,rabbani. Deikian pula dalam hadis ditemukan penggunaan istilah rabbani.
Meskipun keliatanya semua istilah mempunyai pola akar yang sama. Namun masing masing mempunyai konotasi makna yg berbeda.

Istilah tafsir lazim digunakan untuk memahmi alquran dengan berbagai corak dan jenisnya. Namun stelah sekian lama ilmu dan metode tersebut digunakan dan telah menghasilkan bebagai karya. Ternyata masih terfokus pada corak dan ragam tertentu.

Aditya Halid said...

Nama: Aditya Halid
NIM: 191032071
Kelas: PBA 2C


Tafsir Tarbawi secara bahasa terdiri dari dua kata yaitu Tafsir dan Tarbawi. Kata Tafsir adalah bentuk masdar dari kata Fassara yang artinya mengungkap dan menampakan. Tafsir pula bisa diartikan menerangkan sesuatau yang masih samar serta menyingkap sesuatu yang tertutup.

Sementara Tarbawi adalah kata serapan yang diambil dari bahasa Arab yaitu Tarbiyah (Pendidikan). al-Tarbiyah didefinisikan oleh beberapa para ahli,salah satunya seperti Muhammad Jamaluddin al-Qasimi ia berpendapat bahwa al-Tarbiyah adalah proses penyampaian sesuatu sampai pada batas kesempurnaan yang dilakukan secara tahap demi tahap.

Berdasarkan pengertian diatas tersebut Tafsir Tarbawi dapat diartikan sebagai tafsir yang menitik beratkan pada masalah tarbiyah dalam rangka membangun peradaban yang sesuai dengan petunjuk dan spirit Al-quran.

ada pertanyaan-pertanyaan mendasar diluar sana seperti, mengapa dalam pendidikan Islam tidak ada yang membahas tafsir Al-quran berbasis pada kontruks teori pendidikan. Dari pertanyaan ini muncullah tawaran pendekatan dalam memahami Al-quran dengan mengunakan pendekatan pendidikan yang diijtihadkan namanya dengan Tafsir Tarbawi. Maka berkembanglah Tafsir Tarbawi di Indonesia yang dijadikan salah satu mata kuliah, disiplin Ilmu dan wadah kajian dalam institut perguruan tinggi, seperti IAIN, STAIN, PTAI dan lain sebagainya khusunya Fakultas atau Jurusan Tarbiyah

Lazark Store said...

Nama: Temi Rahardi Makalalag
Kelas: PBA 2C
NIM : 191032056

Tafsir secara bahasa mengikuti wazan “taf’il”, berasal dari akar kata al-fasr yang berarti menjelaskan, menyingkap, dan menampakkan atau menerangkan makna yang abstrak. Kata at-tafsir dan al-fasr mempunyai arti menjelaskan dan menyingkap yang tertutup. Dalam Lisanul ‘Arab dinyatakan: Kata “al-fasr” berarti menyingkapi sesuatu yang tertutup, sedangkan kata “at-tafsir” berarti menyingkapi maksud suatu lafaz yang muskil, dan pelik. Di antara kedua bent/uk kata “al-fasr”dan “at-tafsir”, kata “at-tafsir” lah yang paling banyak dipergunakan.Selain itu, tafsir dapat pula berarti “al-idlah wa al tabyin”, yaitu penjelasan dan keterangan. Dapat pula diambil dari kata “al-tafsarah” yaitu istilah yang digunakan untuk suatu alat yang biasa digunakan oleh dokter untuk mengetahui penyakit.Menurut istilah, sebagaimana yang didefinisikan az-Zarkasyi, tafsir adalah ilmu untuk memahami kitabullah yang diturunkan kepada nabi Muhammad, menjelaskan makna-maknanya serta mengeluarkan hukum dan hikmahnya.

Dari beberapa definisi diatas kita menemukan tiga ciri utama tafsir. Pertama, dilihat dari segi objek pembahasannya adalah kitabullah (Al-Quran) yang didalamnya terkandung firman Allah SWT, yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW, melalui malaikat Jibril. Kedua, dilihat dari segi tujuannya adalah untuk menjelaskan, menerangkan, menyingkap kandungan Al-Quran sehingga dapat dijumpai hikmah, hukum, ketetapan, dan ajaran yang terkandung didalamnya. Ketiga, dilihat dari segi sifat dan kedudukannya adalah hasil penalaran, kajian, dan ijtihad para mufassir yang didasarkan pada kesanggupan dan kemampuan yang dimilikinya, sehingga suatu saat dapat ditinjau kembali.

Tafsir ialah menyingkap, menjelaskan sesuatu yang bersifat abstrak sedangkan tarabawi berarti pendidikan. karakteristik itu sendiri dapat diartikan sebagai ciri khusus yang mempunyai sifat sesuai dengan perawatakan tertentu.

Minarni99 said...

NAMA : MINARNI
NIM. : 191032006
KELAS : PBA 2A

Tugas : analisis materi tafsir tarbawi di indonesia

Tafsir tarbawi berasal dari dua kata yaitu "tafsir" dan "tarbawi" keduanya merupakan kata serapan dari bahasa arab yakni tafsir yang artinya penjelasan al-quran dan tarbawi adalah pendidikan. Tafsir tarbawi merupakan penjelasan ayat-ayat al-quran terkait pendidikan atau metode dalam memahami al-quran dengan menekankan aspek-aspek pendidikan dalam analisanya.
Materi tafsir tarbawi di indonesia sangat membantu seseorang dalam memahami al-quran baik dalam bentuk teori maupun praktik.

Sekian dari saya,

Anonymous said...

Nama: Abdul Aziz Ismail
Kelas:PBA 2C
Nim:191032012

Perkembangan tafsir tarbawi diIndonesia itu sangat baik terutama didaerah Aceh yang dibawah oleh Hamzah Fansuri dan dilanjutkan muridnya bernama syamsudin sumatrani.yang dimana mereka membuat karyanya tentang tafsir surah Al-kahf sehingga perkembangan tafsir tarbawi itu sangat baik dan juga tidak lepas dari para ahli muslim timur tengah dan negara muslim yang lainnya,yang memikirkan perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang tafsir tarbawi. Dan juga dikarenakan pengambilan sumber utama dari timur tengah, yang mana timur tengah adalah salah satu pusat perkembangan pendidikan tafsir tarbawi yang terbaik.

Gunawanbulow said...

Nama:gunawan bulow
Nim :191032079
Kls :PBA 2C



Tafsir tarbawi adalah dua kata yang masisng-masing memiliki makna tersendri yaitu tafsir yang berarti menjelaskan sesuatu makna yang masih samar serta menyikap sesuatu yang tertutup atau manampakan makna yang abstrak sedangkan tarbawi adalah pendidikan yang mengandung makna pembimbingan,maka tafsir tarbawi ini adalah metode atau cara bagaimana bisa memahami isi dari kandungan ayat Al-quran degan cara pendidikan islam dalam memberikan analisis untuk mengetahui sumber informasi tentang pendidikan yang belum kita pahami sebelumnya berdasarkan Al-quran untuk membedakan pengetahuan duniwi dan akhirat..

Karmelia said...

Nama : Karmelia Humonggio
NIM : 191032022
Kelas : PBA 2C

Tafsir Tarbawi berasal dari dua kata, yaitu kata “tafsir” dan “tarbawi” yang merupakan kata serapan dari bahasa Arab, yaitu tafsīr yang artinya ‘penjelasan al-Qur’an’ dan tarbawī yg artinya ‘pendidikan’. Maka Tafsir Tarbawi adalah penjelasan atas ayat-ayat suci al-Qur’an terkait pendidikan.

Ada beberapa karya-karya Tafsir Tarbawi di Indonesia, diantaranya:
1. Tafsir Ayat-ayat Pendidikan (Tafsir al-Ayat al-Tarbawiy) karya Abuddin Nata (2002)
2. Tafsir Ayat-ayat Pendidikan:Hati yang Selamat hingga Kisah Luqman karya Nurwadjah Ahmad E.Q. (2007)
3. Tafsir Tarbawi: Mengungkap Pesan al-Qur’an Tentang Pendidikan karya Ahmad Munir (2008)
4. Pendidikan dalam Al-qur’an (Kajian Tematik dan Semantik), karya Dedeng Rosidin (2015), dan
5. Tafsir Pendidikan: Makna Edukasi Alquran dan Aktualisasi Pembelajarannya karya Mahmud Arif (2015)

Diketahui bahwa para penulis-penulis Tafsir Tarbawi di Indonesia merupakan para akademis atau dosen di perguruan-perguruan tinggi di Indonesia dan rata-rata mereka sudah bergelar doctor, bahkan diantara mereka ada yang sudah bergelar guru besar dan mereka pula diketahui cukup beragama.

Para penulis-penulis buku Tafsir Tarbawi ini diketahui mendapatkan motivasi dan juga didorong oleh keinginan untuk menyediakan buku referensi mata kuliah Tafsir Tarbawi atau Tafsir Ayat-ayat Pendidikan, di mana di antara mereka adalah dosen pengampu mata kuliah tersebut. Selain itu, mereka juga mempunyai keinginan yaitu untuk menghadirkan konsep pendidikan Islam dalam perspektif al-Qur’an.

Tafsir Tarbawi said...

Nama:Nindi Aprilia Manoppo
Nim:1910322010
Kelas:PBA2B
Tafsir tarbawi merupakan ijtihad dari akademisi di perguruan tinggi Islam untuk meningkatkan kurikulum yang ada di sana. Keberadaannya sebagai bagian dari tafsir yang berdiri sendiri secara independen masih belum cukup untuk memenuhi persyaratan. Masih ada berbagai syarat yang harus dipenuhi agar bisa disebut tafsir.

Selain itu, masih ada masalah dalam penggunaan istilah tafsir tarbawi. Apakah itu dianggap sebagai disiplin ilmu secara independen atau hanya metode pendekatan atau lebih khusus adalah gaya atau model tafsir yang dikondisikan sesuai dengan kebutuhan. Di sini nampaknya masih banyak masalah seputar terminologi tafsir tarbawi sebagai istilah baru dalam dunia pendidikan.
-Pengertian Tafsir Tarbawi
Secara bahasa, Tafsir Tarbawi merupakan perpaduan dari dua kata yaitu Tafsir dan Tarbawi. Tafsir menurut bahasa berarti menjelaskan, menyingkap dan menampakkan makna yang abstrak. Kata yang kedua adalah Tarbawi yang berarti pendidikan yang mengandung makna pembimbingan, pengasuhan dan pemeliharaan. Tafsir adalah ilmu untuk memahami kitabullah yang diturunkan kepada Muhammad, menjelaskan maknanya serta mengeluarkan hukum dan hikmahnya.
-Karakteristik Tafsir Tabawi
Berdasarkan dari beberapa poin dari uraian pemateri diatas menjelaskan bahwa tafsir adalah menyingkap, menjelaskan tentang sesuatu yang bersifat abstrak dan tarbawi berarti pendidikan. sedangkan kararteristik itu sendiri dapat diartikan sebagai ciri-ciri khusus atau mempunyai sifat khas sesuai dengan perwatakan tertentu. dilihat dari beberapa pemaparan materi yang penulis telah jelaskan sebelumnya diatas penulis dapat menyimpulkan karakteristik dari pada tafsir tarbawi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan. 
Pengertian tafsir secara istilah sebagai al-tarbiyah tidak ditemukan dalam al-Qur'an. Akan tetapi ditemukan bahwa al-Qur'an menggunakan kata-kata yang akar katanya mempunyai sumber derivasi yang sama dengan al-tarbiyah. Kata-kata yang dimaksud ialah al-rabb, rabbayani, nurabbi, ribbiy­n, rabbani. Demikian pula dalam hadis ditemukan penggunaan istilah rabbani. Meskipun kelihatannya semua istilah tersebut mempunyai pola akar kata yang sama, namun masing-masing mempunyai konotasi makna yang berbeda-beda.

Unknown said...

Nama: Isnain Alamati
NIM: 191032081
Kelas: PBA2C

Secara bahasa Tafsir tarbawi merupakan perpaduan antara dua kata yaitu tafsir dan tarbawi. Tafsir menurut bahasa adalah menjelaskan,menyingkap dan menampakkan makna yang abstrak. Dan kata kedua yaitu tarbawi yang berarti pendidikan yang mengandung makna pembimbingan,pengasuh dan pemeliharaan. Tafsir adalah ilmu untuk memahami kitabullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad, menjelaskan maknanya serta mengeluarkan hukum dan hikmahnya.
Dengan demikan, Tafsir Tarbawi adalah sebagai metode untuk memahami Al-Qur’an yang dilihat atau didekati dari sisi pendidikan dengan lebih memperhatikan gaya pendidikan dalam memberikan analisisnya. Sebagaimana dipahami bahwa AL-Qur’an memiliki cakupan yang lengkap termasuk hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Oleh karena itu perlu untuk mencoba menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan tarbiyah dengan mendekati pendidikan sebagai media analisis.
Berdasarkan makna tafsir tarbawi secara khusus menekankan tema pendidikan Islam, maka fungsi tarbawi adalah sebagai berikut.
1.Untuk meningkatkan pemahaman kita tentang pesan-pesan pendidikan yang erjangdung didalam Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an adalah referensi tertinggi dalam Islam.
2.Sebagai dasar keimanan yang merupakan nilai pengetahuan tertinggi.
3.Sebagai jembatan yang menghubungkan pesan-pesan Tuhan untuk ditangkap oleh manusia
4.Sebagai sumber informasi tentang pendidikan yang belm kita kenal sebelumnya berdasarkan Al-Qur’an.
5.Sebagai pengajaranmjtlak dalam pendidikan Islam.
6.Untuk membedakan pengetahuan duniawi dan akhirat.

Nurhayini said...

Nama:Nurhayini Adjun Hasan. Nim:191032034 Kelas :PBA2C. Tafsir tarbawi merupakan ayat -ayat pendidikan, jadi yg saya pahami bahwa abdusalam mengatakan bahwa tafsir tarbawi adalah sebuah kajian sistematis-tematis terhadap sumber-sumber islam, terutama al-quran dan sunnah, yang didasarkan pada perspektif pedagogi dan di maksudkan untuk mengembangkan ilmu pendidikan islam untuk memberi basis, makna, dan arah bagi komponen-komponen dan proses pendidikan.

Unknown said...

Nama: Ruslan
Nim : 191032068
Kelas : PBA 1c

Tafsir tarbawi merupakan ilmu pendidikan yg sngat bagus ada di pendidikan kita saat ini, karna dgn tafsir tarbawi dpat memudahkan kita untuk mengkaji ilmu islam (Al qur'an)

Nurul Fadhilah Adam said...

Nama : Nurul Fadhilah Adam
Nim : 191032053
Kelas : PBA 2 C
Istilah tafsir tarbawi sejatinya berasal dari dua kata, yaitu tafsir dan tarbawi.
Keduanya adalah kata serapan dari bahasa Arab, yaitu tafsir (penjelasan Al-Qur'an), dan tarbawi (pendidikan) dari makna bahasa (etimologi) tersebut secara sederhana bisa dipahami bahwa tafsir tarbawi adalah penjelasan (atas ayat-ayat Alquran) terkait pendidikan. Frase tersebut kini bahkan menjadi istilah dan memiliki makna teknis sebagai sebuah disiplin ilmu tertentu. Pada dasarnya istilah tafsir tarbawi di Indonesia kini tidak bisa di pisahkan satu sama lain.

Dalam konteks Indonesia istilah tafsir tarbawi diduga kuat muncul sejak ia dijadikan sebagai nama matakuliah di program studi atau jurusan pendidikan agama Islam (PAI)di perguruan tinggi Islam di Indonesia. Perkembangan tafsir tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan Islam di timur tengah dan negara-negara muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan Islam berbahasa Arab sudah ada sebelum karya-karya tafsir tarbawi tersebut. Selain itu karya-karya pemikir pendidikan timur tengah (atau terjemahahnya) tampak menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya-karya tafsir tarbawi.

Mawaddah Warrahmah Dako said...

IMawaddah warrahmah dako
PBA 2C
191032026

Tafsir secara bahasa mengikuti wazan “taf’il”, berasal dari akar kata al-fasr yang berarti menjelaskan, menyingkap, dan menampakkan atau menerangkan makna yang abstrak. Kata at-tafsir dan al-fasr mempunyai arti menjelaskan dan menyingkap yang tertutup. Dalam Lisanul ‘Arab dinyatakan: Kata “al-fasr” berarti menyingkapi sesuatu yang tertutup, sedangkan kata “at-tafsir” berarti menyingkapi maksud suatu lafaz yang muskil, dan pelik. Di antara kedua bent/uk kata “al-fasr”dan “at-tafsir”, kata “at-tafsir” lah yang paling banyak dipergunakan. sedangkan tarbawi adalah terjemahan dari bahasa arab,yakni Rabba Yurabbi Tarbiyyah.kata tersebut bermakna;pendidikan,pengasuhan dan di pemeliharaan.
Lalu analisis saya terhadap Tafsir tarbawi di indonesia
istilah tafsir Tarbawi diduga kuat muncul sejak ia dijadikan sebagai nama mata kuliah di program studi atau jurusan Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi islam di Indonesia.
Perkembangan Tafsir Tarbawi di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan Islam di Timur Tengah dan negara-negara Muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan Islam berbahasa Arab sudah ada sebelum karya-karya Tafsir Tarbawi tersebut. Selain itu, karya-karya pemikir pendidikan Timur Tengah tampak menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya-karya Tafsir Tarbawi.

Zeindri mou said...

Nama : Zeindri mou
Kelas PBA2C
Nim 191032036
Berdasarkan latar belakang, terlihat bahwa Tafsir
Tarbawi yang terdiri dari dua kata “tafsir” dan “tarbawi” ini unik untuk dikaji karena, pertama ia terkait dengan tafsīr (tafsir al-Qur’an),
sebuah ilmu dalam islam yang menduduki status yang
spesial dan memiliki kaidah-kaidah yang kompleks dan kedua ia terkait dengan tarbiyyah (pendidikan), sebuah ilmu dengan ruang
lingkup (komponenkomponen) yang sangat luas. Istilah Tafsir
Tarbawi seharusnya merefleksikan kedua ilmu tersebut dan kemudian
menyatu menjadi satu displin ilmu baru yang unik.
Dalam penelitian ini, fokus yang akan dibahas adalah apa
sesungguhnya fungsi al-Qur’an bagi pengembangan
Perkembangan tafsir tarbawi di indonesia muncul karena adanya faktor dari para pemikir islam yang kemudian dijadikan suatu disiplin ilmu yang menarik untuk dikaji . Tafsir tarbawi ini juga muncul karena para ilmuan sangat membutuhkan ilmu ini sebagai metode untuk memahami alquran

Nurhidayah said...

ÑNama:Nurhidayah
Nim :191032064
Kelas:PBA 2 C
Perkembangan tafsir tarbawi di indonesia tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan islam di timur tengah dan negara muslim lainnya hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan islam berbahasa arab sudah ada sebelum tafsir tarbawi tersebut. Selain itu, karya-karya pemikir pendidikan timur tengah atau terjemahannya tampak menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya-karya tafsir tarbawi. Berdasarkan motivasi penulisan, paradigma,dan sistematika pengusutannya, tafsir tarbawi dapat di kategorikan pada dua yaitu tafsir tarbawi sebagai buku diatas dan tafsir tarbawi sebagai kajian khusus tafsir Al-Qur'an. Walaupun demikian di antara tafsir tarbawi sebagai buku daras ada yang menggunakan cara kerja tafsir atau bisa di kategorikan sebagai karya tafsir Al-Qur'an.

Unknown said...

nama: siti nurrohmah
nim : 191032054
kelas: pba 2c

Tafsir tarbawi sebagai tafsir yang berupaya memahami kandungan isi Al-qur'an yang diturunkan untuk menjadi pedoman hidup umat islam. Tafsir tarbawi juga digunakan seorang akademisi untuk menjelaskan kandungan isi al-qur'an berkaitan dengan pendidikan yang dirasa masih sangat umum sehingganya sangat sulit dipahami oleh kebanyakan orang pada umumnya.
Tafsir tarbawi merupakan metode pemahaman kitab suci (tafsir) yang dilihat atau didekati dari sisi pendidikan dengan lebih memerhatikan corak pendidikan dan memberikan pemahaman- pemahamannya.

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Berisi Tulisan dan Artikel yang berkaitan dengan Bahasa Arab, Sastra Arab, Pendidikan, Tafsir, Rasm, Qiraat, Budaya, Tradisi Islam Lokal

Powered by Blogger.

Wikipedia

Search results

Total Pageviews

Blog Archive

Search This Blog

BAHASA ARAB untuk Para Pemula

BAHASA ARAB untuk Para Pemula
Dr. Ibnu Rawandhy N. Hula, M.A dan Dr. Damhuri, M.Ag

BUKU

BUKU
Qawaid al-Imla' wa al-Khat

My Web List

Translate

Recent Posts

3/recent/post-list

Jam