Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.
RPS Mata Kuliah Tafsir Tarbawi, merupakan pedoman umum sistem perkuliahan, beserta materi-materi yang harus dipelajari oleh setiap mahasiswa, termasuk Tema-tema Artikel yang harus dibuat (yang dipilih berdasarkan urutan Absensi Mahasiswa).
RPS Mata Kuliah Tafsir Tarbawi, merupakan pedoman umum sistem perkuliahan, beserta materi-materi yang harus dipelajari oleh setiap mahasiswa, termasuk Tema-tema Artikel yang harus dibuat (yang dipilih berdasarkan urutan Absensi Mahasiswa).
12 komentar:
Nama : Isabela Gobel
Kelas : PBA 2A
Nim : 191032087
Perkembangan tafsir tarbawi di indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh pemikiran pendidikan islam di timur tengah dan negara-negara muslim lain. Hal ini berdasarkan pada asumsi bahwa karya-karya pendidikan islam berbahasa arab sudah ada sebelum karya-karya tafsir tarbawi tersebut. Selain itu, karya-karya pemikir pendidikan timur tengah tampak menjadi sumber rujukan dalam penulisan karya-karya tafsir tarbawi. Rekomendasi konferensi pendidikan di dunia islam yang diselenggarakan di mekkah pada tahun 1977 terkait pengembangan konsep pendidikan islam berdasarkan Al-Qur'an, sangat mungkin telah mendorong kemunculan tafsir tarbawi ini.
Nama: Moh Firdaus
Kelas: PBA 2A
Nim: 191032007
Perkembangan tafsir tarbawi di Indonesia itu sangat baik, mengapa demikian,karena para ahli muslim timur tengah dan negara muslim lainnya yang memikirkan perkembangan ilmu pengetahuan sehingga pengetahuan tersebut bisa berkembang begitu baiknya,dan juga tidak lepas dari dorongan muslim di dunia. Dan juga mengenai perkembangan tafsir tarbawi yang ada di Indonesia itu sangat baik, dikarenakan para ahli mengambil sumber utama itu dari timur tengah, yang dimana timur tengah adalah salah pusat studi Islam yang sangat terbaik.
Nama : Lystira Nurfitrianisa Stion
Nim : 191032039
Kelas : PBA 2A
Tafsir tarbawi di Indonesia merupakan tafsir Al-quran dengan sudut pandang kependidikan. Al-Qur'an sendiri dalam proses peningkatan kualitas pendidikan Islam di Indonesia pada tafsir tarbawi lebih kepada sumber nilai ketimbang sumber ilmu ataupun teori pendidikan. Tafsir tarbawi di indonesia juga merupakan bentuk usaha dari pihak akademisi untuk meningkatkan kualitas kurikulum di suatu perguruan tinggi. Mengenai validitasnya sendiri tidak dapat dipungkiri bahwasanya telah banyak karya-karya tafsir tarbawi yang ikut memberikan sumbangsi dalam proses pengembangan pendidikan islam. Sehingga tafsir ini merupakan tafsir yang sah dan bisa diterima.
Nama: nurhayati langago
kelas:PBA 2A
Nim: 191032077
Mengenai perkembangan tafsir tarbawi di indonesia muncul pada Abad ke 16 m d.Aceh oleh seorang yang sangat terkenal hamzah fansuri yang di lanjudkan oleh muridnya Syamsufin sumatrani.Yang membuat karyanya tentang tafsir surah al kahf ayat 9 sehingganya membuat tafsir tarbawi berkembang di indonesia....
Nama : Taufiq Arqam Wantu
Kelas : PBA 2A
Menurut pandangan al-Qur’an tentang sains dan teknologi dapat kita telusuri dari pandangan al-Qur’an tentang ilmu. Al-Qur’an telah meletakkan posisi ilmu pada tingkatan yang hampir sama
dengan iman seperti tercermin dalam surat al-Mujadalah ayat 11: niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.
Sedangkan pandangan al-Qur’an tentang sains dan
teknologi, dapat diketahui dari wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad saw. Qs al-alaq ayat 1-5
Muhammad imam Ghozali Mamonto
PBA 2A
Berdasarkan ayat-ayat tarbawi terkait pendidikan dalam al-quran. Sebagai kitab suci yang menjadi sumber pokok ajaran Islam al-Quran memberikan motivasi dan semangat untuk menumbuhkan pendidikan. Motivasi dan semangat ini banyak di al-Quran, diantaranya pada firman Allah yang mengatakan; "Katakanlah, Apakah sama antara orang-orang yang berilmu dengan orang-orang yang tidak berilmu? Sesungguhnya orang yang berakallah dapat menerima pelajaran". (QS. Azzumar: 9)
Pada ayat di atas terdapat kalimat "Apakah sama orang-orang yang berilmu dan orang-orang yang tidak berilmu? Sesungguhnya orang yang berakallah dapat menerima pelajaran". Apakah sama antara yang tahu hakikat dari segala sesuatu kemudian beramal sesuai pengetahuan yang dimilikinya dan mereka yang tidak tahu hakikat sesuatu kemudian beramal dengan kebodohan yang dimilikinya? Jelas tidak sama. Mereka memiliki kedudukan lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang senantiasa bermaksiat.
Dalam hal ini menunjukkan pentingnya profesi pendidik. Seorang yang telah memiliki ilmu dan pengetahuan hendaklah mengajarkan ilmu yang dimilikinya kepada orang lain agar orang lain mendapatkan pengetahuan yang sama dengan mereka.
Nama: Mawaddah Warrahmah Dako
Kelas: PBA 2C
NIM: 191032026
Sejak 14 abad yang lalu atau sejak pertama Al-Qur’an diturunkan, Islam telah memberikan konsep-konsep tentang pendidikan karakter.
Salah satu ayat yang menerangkan tentang pendidikan karakter adalah Q.S Luqman ayat 12-24, Walaupun terdapat banyak ayat Al-Qur’an yang memiliki keterkaitan dengan pendidikan karakter, namun Q.S Luqman ayat 12-14 karena ayat ini mewakili pembahasan ayat yang memiliki keterkaitan makna paling dekat dengan konsep pendidikan karakter.
Dalam ayat 13, Allah mengabarkan tentang wasiat Luqman kepada anaknya, yaitu Luqman bin ‘Anqa bin Sadun, dan nama anaknya Tsaran, agar anaknya tersebut hanya menyembah Allah semata dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apapun. Ungkapan “la tusyrik billah” dalam ayat ini, memberi makna bahwa ketauhidan merupakan materi pendidikan terpenting yang harus ditanamkan pendidik kepada anak didiknya karena hal tersebut merupakan sumber petunjuk ilahi yang akan melahirkan rasa aman.
Nama : Fira Sutira Damulawan
Kelas : 2A Pend. Bahasa Arab
Tafsir tarbawi yaitu sebuah penafsiran Alquran dengan cara menghimpun ayat-ayat Alquran dari berbagai surat untuk membahas masalah (tema) tertentu. Al-quran sebagai sumber primer pendidikan islam. Oleh sebab itu, Al-qur'an selalu dijadikan landasan dalam setiap upaya pengembangan dan landasan pendidikan Islam pada tataran teoritis ataupun praktis. Agar memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang topik-topik pendidikan islam dari pespektif Al-quran.
Post a Comment